Aktif Berorganisasi? Ini 6 Manfaat yang Bakal Kamu Dapatkan!

Jika kamu beranggapan bahwa kegiatan tambahan di luar jam belajar itu tidak penting, dan hanya membuang-buang waktu saja, sepertinya kamu harus mempertimbangkan pendapatmu tersebut. Apalagi jika kamu mengira bahwa aktif berorganisasi itu hanya untuk mengejar popularitas?

Sebenarnya, untuk aktif di organisasi sekolah atau kampus itu tidak semudah yang kamu bayangkan lho. Perlu tekad yang kuat. Sebab, akan ada banyak waktu, tenaga dan pikiran yang terkuras.

Tapi tenang saja, hal tersebut akan terbayar lunas. Karena ada banyak pelajaran hidup dan cara mendewasakan diri melalui kegiatan berorganisasi. Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. Meningkatkan rasa percaya diri
Saat kamu bergabung dalam suatu organisasi, secara alami kamu akan berusaha untuk mengembangkan potensi dirimu.

Mulai dari belajar mengungkapkan pendapat saat diskusi, menciptakan ide-ide baru saat akan menyelenggarakan kegiatan, menjadi panitia di setiap acara yang dilaksanakan atau bahkan memimpin rapat jika kamu terpilih sebagai pemimpin organisasi tersebut.

Semua kegiatan di atas akan merangsangmu untuk berani tampil dan bahkan berbicara di depan umum. Hal tersebut sangat baik untuk meningkatkan rasa percaya dirimu.

2. Belajar bekerja sama dalam tim
Jika kamu terbiasa mengerjakan sesuatu seorang diri, maka di dalam organisasi, kamu akan dituntut untuk bisa bekerja sama dalam tim. Kamu akan sadar bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang apabila kelebihan tersebut disatukan, maka akan menghasilkan suatu karya yang hebat.

Jadi, keberhasilan suatu organisasi akan bergantung pada setiap individu yang ada di dalamnya. Jika anggotanya dapat saling mendukung, pasti organisasi tersebut akan terus berjalan dengan baik.

Sebaliknya, kalau masing-masing anggotanya acuh tak acuh, gak mau saling membantu, kegiatan apapun yang dilaksanakan pasti tidak akan berjalan dengan baik. Nah, dari situlah kamu akan belajar bagaimana caranya bekerja sama dalam tim. Saling menutupi kekurangan dan bekerja keras demi tercapainya tujuan bersama.

3. Membiasakan diri untuk berpikir kritis
Tak selamanya program kerja atau kegiatan yang telah direncanakan bersama, dapat berjalan dengan mulus. Ada kalanya rintangan demi rintangan datang menghadang. Di saat-saat genting seperti itulah kamu harus senantiasa berpikir kritis untuk mencari solusi yang terbaik. Dengan begitu, kamu pun akan terbiasa berpikir kritis.

4. Melatih diri agar memiliki manajemen waktu yang baik
Berorganisasi saat sekolah maupun kuliah memang tak semudah yang dibayangkan. Akan ada banyak waktu yang tersita demi menjalankan roda organisasi.

Namun, itulah kesempatanmu untuk berlatih mengatur waktu dengan baik. Kamu harus bisa membagi waktumu untuk belajar, keluarga, organisasi, bermain dan jangan lupa sisakan waktu untuk “me time” . Dengan begitu, ketika kamu memasuki dunia kerja nanti, kamu sudah terbiasa dengan jadwal kegiatan yang padat dan memiliki manajemen waktu yang baik.

5. Belajar menahan ego
Tak dapat dipungkiri, menyatukan visi dari segenap kepala yang tergabung dalam satu organisasi itu sama sekali bukan hal yang mudah.

Maka dari itu perlu jiwa yang lapang untuk menghadapi setiap perbedaan. Berbeda pendapat itu pasti, menyatukan suara demi terciptanya hasil yang mufakat, itulah langkah yang tepat.

Jadi, selain belajar mengungkapkan pendapat, kamu juga perlu mengontrol diri dan menahan ego saat pendapatmu tidak disetujui oleh anggota lainnya.

6. Menambah teman dan relasi
Ini nih yang gak kalah penting. Dengan aktif berorganisasi, kamu akan semakin banyak bertemu dengan orang lain. Kamu bisa menambah teman atau relasi, yang mungkin akan sangat berguna untuk kehidupanmu yang selanjutnya.

Nah, itu dia sejumlah manfaat yang akan kamu rasakan jika kamu bergabung dalam organisasi di sekolah atau kampus. Apakah kamu masih berpikir bahwa teman-temanmu yang aktif berorganisasi hanya sekedar ingin terkenal saja?

Yuk biasakan membentuk pola pikir yang terbuka alias open minded. Dan silakan mencoba berorganisasi. Dijamin, kamu gak akan menyesal. Tidak percaya? Coba saja praktikkan.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s