5 Hal Ini Perlu Direnungkan Sebelum Kamu Lanjut Kuliah S2

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sebenarnya bukanlah suatu keharusan karena semuanya tergantung keinginan masing-masing. Tetapi alangkah lebih baiknya jangan buru-buru ambil keputusan untuk berkuliah lagi sebelum kamu benar-benar yakin dengan keputusanmu, apalagi jika sekedar ikut-ikutan orang lain.

Mantapkan dulu hatimu dengan 5 hal berikut ini sebelum memutuskan kuliah S2, agar kamu tak sekadar ikut-ikutan tanpa mendapatkan esensinya!

1. Dengan lanjut S2 kamu lebih memahami ilmu yang telah didapat saat S1
Sebenarnya dengan memutuskan kuliah S2, kamu pasti akan lebih memahami ilmu yang sudah diberikan saat S1 dulu karena materi kuliah S2 biasanya memang pendalaman dari materi S1.

Inilah salah satu kelebihan S2 karena ilmu yang kamu dapatkan lebih mendalam tak seperti kuliah S1 dulu. Tentunya hal ini sangat membantu apalagi untuk kamu yang ingin menjadi seorang peneliti atau dosen.

2. Tentunya mampu membuka pikiranmu karena banyaknya profesi dan latar belakang yang berbeda-beda satu sama lain
Kuliah S2 pun pastinya akan lebih terasa beragam karena masing-masing memiliki latar belakang dan profesi yang berbeda. Keuntungannya kamu jadi bisa berbagi pengalaman antara satu dengan yang lainnya dan ranah pergaulanmu pun makin luas. Siapa tahu suatu saat nanti mereka mempunyai andil besar untuk masa depanmu.

3. Berdikusi banyak hal sehingga wawasan makin luas
Bukan hanya bertukar pengalaman, kamu pun bisa berdiskusi ilmu apapun dengan teman-teman barumu. Apalagi jika basic ilmu mereka berbeda denganmu, pastinya kamu jadi mendapatkan ilmu baru lewat mereka kan?

4. Belajar sesuatu lebih dalam misalnya bahasa inggris
Karena kuliah S2 lebih mengutamakan bahasa inggris sebagai bahasa pendukung, pastinya kamu pun jadi lebih mendalami bahasa inggris dan kemampuanmu meningkat. So, banyak kan keuntungan yang akan kamu raih saat kuliah S2?

5. Kemampuanmu akan semakin diasah
Baik itu dari segi ilmu dan sikap pastinya semua kemampuanmu akan diasah dan kamu semakin kaya ilmu. Yang tadinya kamu hanya sekedar tahu soal ilmu sains misalnya, dengan kuliah S2 kamu jadi semakin paham dan mendalami ilmu-ilmunya.

Nah, renungkan 5 hal ini ya sebelum kamu memutuskan kembali ke bangku kuliah!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s