Agar Suaramu Didengar, Ini 5 Cara Melatih Kemampuan Public Speaking

Kalian pasti pernah dengar public speaking. Public speaking adalah proses mengkomunikasikan suatu informasi kepada khalayak ramai. Bisa di hadapan teman sekelas, rekan kerja sekantor, peserta seminar, dan sebagainya. Agar mampu berbicara di depan orang banyak, kemampuan ini menjadi salah satu skill penting yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Memang, butuh waktu yang tidak sedikit untuk melatih kemampuan tersebut. Namun hal tersebut bisa kita lakukan dengan kerja keras, latihan, dan konsistensi yang tinggi. Untuk mengasah kemampuan public speaking-mu, kamu bisa menerapkan 5 tips berikut.

1. Berbicaralah di depan cermin
Cara paling ampuh adalah dengan berbicara di depan cermin. Sebelum merambah ke tingkat yang lebih tinggi, kamu harus melatihnya sendiri terlebih dahulu. Anggap saja kita tengah berbicara di depan orang banyak. Lakukan hal ini secara konsisten agar kemampuanmu semakin meningkat dan bicaramu semakin lancar.

2. Ikutilah organisasi baik di dalam maupun luar sekolah
Cara ampuh kedua adalah dengan cara mengikuti organisasi. Ketika berorganisasi kamu akan belajar banyak hal, salah satunya public speaking. Pertama, kamu bisa berbicara di depan anggotamu atau juniormu. Lama-kelamaan, kamu akan makin terlatih dan lebih berani untuk bicara di depan audiens yang lebih banyak.

3. Aktiflah menyampaikan pendapat di kelas
Ketika kamu memiliki pendapat yang bermanfaat, sampaikanlah pada teman-temanmu di kelas. Misalnya gurumu menyuruh salah satu murid untuk maju dengan kesadaran sendiri. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk melatih kemampuan public speaking dengan mengacungkan tangan.

4. Belajar langsung dari pakarnya
Jika kamu kurang sreg dengan kemampuan public speaking-mu hanya dengan belajar otodidak, kamu bisa belajar langsung dari pakarnya. Merry Riana sering mengadakan seminar yang berkaitan dengan public speaking, kamu bisa mengikutinya dengan baik.

Selain belajar public speaking kamu juga akan mendapat keuntungan ketika bertemu langsung dengan tutor yang telah mendulang kesuksesan.

5. Ikutilah lomba pidato
Kemampuan public speaking-mu bisa diuji dengan mengikuti lomba pidato. Hasil dari lomba yang kamu ikuti bisa kamu jadikan evaluasi terhadap kekurangan dan kelebihan mu.

Tidak perlu takut dan merasa rendah diri. Orang-orang hebat di bidang public speaking pun pernah menjadi seperti kamu, kok. Yang penting, teruslah berlatih!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s