7 Tips Biar Bisa Fokus Masksimal Saat Belajar, Coba Deh!

Belajar merupakan sebuah kewajiban bagi seorang pelajar. Entah itu mereka yang masih mengenyam pendidikan wajib belajar 12 tahun atau para senior yang sedang menempuh bangku kuliah.

Sayangnya, tidak semua orang bisa menemukan kenyamanan dan mendapat fokus maksimal saat belajar. Kalau kamu merasakannya, simak tips di bawah ini, deh. Dijamin akan sangat berguna!

1. Jauhkan gadget yang menganggu
Untuk bisa belajar secara fokus dan mendapatkan hasil yang maksimal, jauhkan gadget! Sekalipun kalian membiarkannya bergetar tapi tetap saja, hal itu akan menyita perhatian barang sedikit hingga waktu yang lama.

Kamu perlu menonaktifkan gadget dan menaruhnya jauh dari jangkauan. Sebab di saat serba canggih layaknya zaman sekarang, gadget merupakan sebuah magnet yang memiliki daya tarik yang begitu kuat.

2. Pilih lingkungan belajar yang tepat
Setelah menghalau gadget dari jangkauan, kamu perlu memilih lingkungan belajar yang tepat. Terlebih jika kamu tidak bisa belajar dalam kondisi yang tidak hening.

Pilih ruangan yang seolah-olah ‘mengisolasi’ diri kalian selama belajar. Beritahu orang rumahmu bahwa kalian akan belajar agar mereka membantu menciptakan lingkungan yang kondusif.

3. Lakukan antitipasi pada kebutuhan tertentu
Belajar membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Mengerjakan tugas atau membaca materi untuk ulangan besok setidaknya memakan waktu hingga 1-2 jam.

Sebelum kamu belajar sebaiknya persiapkan kebutuhan tertentu agar fokusmu tidak mudah terpecah. Misalnya seperti menyiapkan minum di meja belajar atau membawa camilan jika memang kalian membutuhkannya.

4. Ketahui waktu di mana otakmu bisa berfungsi secara maksimal
Kamu adalah orang yang paling mengenal dirimu dengan baik. Hingga titik perjalananmu saat ini dalam menuntut ilmu, ketahuilah di mana saat terbaik otakmu bisa berfungsi secara maksimal. Apakah itu pagi, siang atau malam hari. Dengan begitu kamu akan lebih mudah fokus dan memaksimalkan kemampuan otak secara sempurna.

5. Belajar sesuai dengan tipe yang kamu sukai
Hal ini juga penting untuk diperhatikan, sebab kamu yang mengetahui tipe seperti apa saat belajar akan mendapat kemudahan dalam menangkap materi.

6. Ubah pikiran negatif menjadi positif
Saat belajar memang terkadang selalu ada saja gangguan yang berusaha memecah pikiran kita menjadi tidak fokus. Salah satunya adalah overthinking. Kebiasaan berpikir secara berlebihan ini biasanya mengarah kepada hal-hal negatif daripada hal positif.

Mulai sekarang, coba rubah hal-hal negatif tersebut jadi sesuatu yang positif. Sebab fokusmu tidak akan mudah terpecah saat bisa mengakhiri ‘pikiran yang berkeliaran’ dengan hal positif.

7. Jawab kekhawatiran diri sendiri secara singkat dan logis
Stuck dalam mata pelajaran atau materi tertentu juga secara gak kita sadari bisa membuyarkan fokus lho. Misalnya seperti saat kamu merasa menyerah dan ingin membiarkan saja materi itu tidak kamu pelajari sebab kesulitan.

Otakmu secara gak langsung memberi perintah untuk mengabaikan pelajaran tersebut seperti apa yang kamu pikirkan. Contoh mudahnya bisa kamu praktikkan seperti di bawah ini:

(-): “Materi ini terlalu sulit untuk dipahami.”

(+): “Materi ini memang tidak mudah, tapi saya bisa memecahkannya.”

atau

(-): “Saya tidak menyukai pelajaran ini.”

(+) :“Pelajaran ini memang bukan termasuk pelajaran favorit saya. Tapi saya harus belajar ini semua agar bisa sukses”

Gimana guys, untuk bisa mendapat fokus yang maksimal ternyata tidak sulit bukan? Asalkan kamu mau berusaha, dijamin pasti ada jalan keluar yang akan membantumu.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s