6 Hal Ini Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru Hubungan Internasional

Bagi mahasiswa, tahun pertama dalam perkuliahan dianggap sebagai tahun percobaan. Di mana pada tahun pertama, mahasiswa baru yang notabenenya baru lulusan SMA belum mengetahui seperti apa sistem perkuliahan. Kinerja belajar seorang mahasiswa juga berbeda dengan murid SMA. Tentu ini memerlukan proses dalam bertransformasi.

Dikarenakan hal tersebut, banyak mahasiswa yang membuang kualitasnya di tahun pertama karena mereka masih canggung untuk menjadi seorang “maha”. Tak terkecuali mahasiswa hubungan internasional sebagai jurusan sosial. Kali ini akan membahas 6 hal penting mengenai hubungan internasional.

1. Perbanyak bacaan, karena cakupan jurusanmu sangat luas
Setiap mata kuliah pasti memilii teori tersendiri yang dipelajari dan menjadi dasar. Berbeda dengan ilmu pasti, hubungan internasional lebih menjurus pada kehidupan sosial yang dinamis. Walau mata kuliah ini memiliki teori, dari situlah kita menganalisis berbagai permasalahan yang terjadi dengan pemikiran kita sendiri.

Menganalisis tidak dapat dilakukan hanya berpaku dengan teori dan penjelasan dari dosen. Mahasiswa hubungan internasional dituntut untuk lebih banyak membaca, mulai dari hasil penelitian sosial, analisa dari para ahli terhadap dinamika masyarakat dunia dan berita permasalahan intenasional.

Tak hanya itu, membaca hal yang bukan dari jurusanmu juga menambah kemampuanmu dalam menilai suatu masalah.

2. Sering berdiskusi dengan teman-teman akan menumbuhkan sifat kritismu
Karena objek dari hubungan internasional adalah masyarakat internasional yang selalu berubah-ubah, mahasiswa hubungan internasioanl dituntut untuk lebih peka terhadap berbagai pembaruan dan perubahan di sekitarnya atau pun di wilayah yang jauh darinya.

Melalui diskusi, kamu akan dapat mendengar pendapat dan pandangan teman-temanmu tentang suatu masalah. Kamu juga dapat membanding-bandingkan pemikiranmu dengan yang lain dan kamu dapat melihat kekurangan dari perspektif dari setiap individu, sehingga kamu menemukan suatu solusi yang lebih baik.

3. Jangan hanya terpaku pada teman di lingkunganmu, luaskan relasi pertemanan dari tempat yang berbeda
Hubungan internasional tidak hanya terpaku pada kontroversi di dunia internasional. Mereka juga fokus terhadap keberagaman budaya sebagain jalan aman untuk menghasilkan persatuan dan perdamaian.

Berteman dengan kebudayaan yang berbeda, bisa meluaskan cara pandangmu dan kalian bisa saling bertukar pengalaman dan permasalahan yang dihadapi masing-masing daerah.

4. Update tentang permasalahan dunia dan lokal
Belum di katakan anak hubungan internasional jika mereka tidak mengikuti alur permasalahan di negaranya maupun luar negeri. Karena memang itulah makanan pokok dari pelajaran hubungan internasional. Kamu tidak akan bisa menerapkan teori-teori perdamaian dan politik jika kamu sendiri malas untuk sensitif terhadap perubahan.

5. Bukan hanya tentang teori, kamu harus bisa melontarkan opini dengan jujur
Hasil dari mata kuliah hubungan internasional adalah solusi untuk perdamaian dunia, kamu tidak akan bisa sukses menjadi mahasiswa hubungan internasional jika melontarkan solusi dari sebuah permasalahan hanya untuk kepentingan diri sendiri ataupun golongan dirimu.

Kamu harus jujur dalam menilai dan beropini tanpa adanya maksud tersembunyi dari argumenmu sendiri. Karena ini menyangkut kehidupan masyarakat secara luas dan kamu dipercaya untuk bisa mencari jalan tengah dengan teori hubungan internasional yang kamu miliki.

6. Hubungan internasional bukanlah jurusan berdebat dan diskusi saja, di sini kamu harus bisa menciptakan perdamaian dari berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat internasional
Tidak bisa di katakan mahasiswa hubungan internasional jika kamu hanya berbicara tanpa aksi, bukan berarti juga kamu harus turut dalam konferensi besar. Menjadi relawan dalam bencana alam, pendidik di sekolah terpencil dan aktivis sosial bagi daerah dalam status siaga perang cukup untuk membuatmu berharaga sebagai mahasiswa hubungan internasional.

Dengan mengetahui 6 hal di atas, kamu dapat memaksimalkan dirimu untuk berkontribusi dalam dunia hubungan internasional dan menciptakan perdamaian. Selain itu ilmumu juga diharapkan untuk mengurangi permusuhan di Indonesia.

Maka jangan pernah membuang tahun pertamamu dan menganggapnya enteng, karena setiap waktu di bangku perkuliahan adalah harapan bagi dunia untuk sebuah perubahan. Ganbatte!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s