6 Manfaat Ngekost yang Jarang Disadari Mahasiswa

Saat menjadi mahasiswa rantau, kita terpaksa untuk menjalani kehidupan seorang diri dan tinggal di sebuah tempat yang biasa disebut kost-kostan. Kost sendiri memiliki berbagai variasi harga, dari yang murah dengan fasilitas minim, sampai dengan harga selangit yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas.

Ternyata, tinggal di kost dan menjalani kehidupan seorang diri tanpa orangtua pada hakikatnya memiliki beberapa manfaat yang sayang sekali jika tidak kita manfaatkan lho.

1. Melatih kemandirian, baik dari segi kebersihan, sampai mengatur keuangan
Saat tinggal sendiri, kita akan “dipaksa” untuk lebih memperhatikan diri sendiri. Karena tidak ada yang akan mengomeli kita jika kamar kita berantakan atau ketika kita kehabisan uang saku bulanan padahal tanggal gajian masih lama. Dengan hidup sendiri di kost, kita akan secara otomatis memiliki kemampuan untuk mengatur ruangan dan keuangan kita.

2. Memiliki waktu “me time” untuk mengenali diri sendiri
Anak kost-an biasanya cenderung memiliki lebih banyak waktu untuk dirinya sendiri sehingga mereka bisa fokus untuk mengenali kepribadiannya. Apa yang disukai, tidak disukai, bakat apa yang dia miliki, dan lain sebagainya. Jadi, anak kost-an yang memiliki waktu luang bisa memanfaatkan hal itu untuk berfikir dan memahami diri sendiri.

3. Lebih fokus dan bisa berkonsentrasi
Bukan berarti orang yang tidak kost tidak bisa fokus dan berkonsentrasi ya. Hanya saja, karena anak kost identik dengan mereka yang tinggal sendiri dan tanpa tanggungan untuk melakukan hal lain selain belajar atau untuk bekerja, maka bisa dibilang bahwa mereka yang nge-kost biasanya akan lebih mudah fokus terhadap tujuan yang ingin mereka capai.

4. Ajang untuk mengembangkan diri dan pergaulan
Saat nge-kost, seseorang biasanya tidak diikat oleh peraturan rumah atau orangtua. Sehingga, anak yang ngekost memiliki kebebasan dalam mengembangkan diri dan juga pergaulan mereka. Pulang larut tidak masalah selama untuk kegiatan yang positif ya guys.

5. Meningkatkan kreativitas dan skill yang dimiliki
Masih terkait peraturan yang sangat berbeda jika kamu tinggal di rumah dan di kost. Anak kost bebas melakukan kreativitas yang dia inginkan karena tidak ada yang akan memarahi mereka tentang hal ini. Jadi, moment nge-kost bisa banget dimanfaatkan untuk mengasah skill yang terpendam seperti memasak, melukis, menyanyi, dan lain sebagainya.

6. Lebih menghargai saat-saat bisa berkumpul bersama keluarga dan pulang ke rumah
Sudah tentu, siapapun yang ngekost jauh dari rumah dan orangtua akan merasakan yang namanya kerinduan. Rindu berkumpul dengan orang-orang terkasih, saling melempar candaan dan lain-lain. Nah, anak kost yang merindukan hal ini pasti ketika pulang akan lebih menghargai saat-saat bisa bersama orang yang dicintainya di rumah.

Manfaat apa yang kamu rasakan saat nge-kost guys?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s