Untukmu yang Tengah Berjibaku dengan Skripsi, Bertahanlah! Kelulusan Sebentar Lagi Menghampiri

Aku tahu engkau jenuh, kesal, bingung, marah. Skripsimu tiada berjalan sebagaimana keinginanmu. Dosen yang menghilang tanpa kabar. Atau hambatan-hambatan dari begitu banyaknya data yang kau dapatkan. Dan engkau yang belum siap hadapi semua itu. Tenanglah, dan merenunglah.

Aku tahu kau ingin menyerah, tapi jangan. Jangan dulu berhenti. Perjuanganmu belum selesai. Malah justru baru dimulai. Bila kau tidak bisa melewati ini, maka ke depannya kau akan kesulitan. Percayalah, aku percaya kamu pasti bisa.

Skripsi adalah usahamu, usahamu sendiri. Usaha yang kau lakukan dengan segenap tenaga dan perasaaan. Jangan terlalu berharap dan bergantung pada teman, keluarga, atau orang lain untuk membantu engkau selesaikan itu, jangan. Selesaikan sendiri. Usahakan paksa dirimu melewati batasnya.

Dari sini engkau akan belajar memanage waktu, mengelola perasaaan, mengatasi rasa menunda-nunda, mengatasi rasa malas. Dengannya kau akan banyak belajar. Kau akan banyak membaca buku. Kau akan berusaha lebih keras. Kecuali jika memang kau merasa tak yakin akan mampu. Padahal, aku yakin kau pasti bisa.

Sekali lagi yang ingin ku katakan padamu, kamu tidak sendiri. Bukan hanya kau yang mengalami hal ini. Aku pun juga begitu. Dan semuanya yang sedang bersama-sama meraih ilmu dan sebentar lagi mereka akan lulus dari pendidikannya. Bayangkan saja bagaimana bila skripsimu selesai. Akankah orangtuamu bangga? Guru-gurumu ikut senang? Dan teman-temanmu bersuka cita?

Berusahalah untuk selesaikan skripsimu, agar lanjut mimpimu. Ingat perjuanganmu dulu untuk bisa sampai pada tahap ini. Jangan berhenti. Jangan menyerah sekarang. Kalau kau tidak bisa memulainya, maka kau sejatinya telah kalah. Kalau kau tidak juga memulai, maka kau akan tertinggal. Mulailah dan cepat kerjakan, fokus pada skripsimu.

Sedikit lagi kau akan mencapai titik point, dan hidupmu pun akan berlanjut pada titik-titik point berikutnya. Hidup ini akan semakin keras, ketika kau melunak. Ketika kau berhenti berjuang. Padahal kau tinggal sedikit lagi sampai, tapi kau lebih memilih berhenti. Mana semangatmu yang dulu? Keluar dari batasmu, dan jangan pikirkan apapun selain skripsimu selesai.

Jangan lemah. Jangan mudah menyerah dan putus asa. Keep going. Usahakan terus, dan tekun, sampai pada titik engkau selesai. Skripsimu pasti akan selesai. Ketika kau percaya dan yakin. Ketika kau yakin bisa mengerjakannya, percayalah, ketikkan ataupun tulisan skripsimu akan dipermudah oleh Tuhan.

Skripsi adalah karyamu sendiri. Begitu engkau selesai mengerjakannya, maka engkau akan bangga dengannya. Keringat dan semangatmu tuntas sudah terbayarkan. Kelelahanmu akan langsung lenyap seketika. Dan tentu saja pengorbananmu selama ini tidak sia-sia. Lalu kebahagiaan akan datang menghampiri. Tapi ingat, ini baru dimulai, bersiaplah.

Sumber : Hipwee.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s