5 Hal Tentang Uang yang Harus Kamu Tahu Saat Jadi Mahasiswa

Masalah keuangan bagi anak kuliah memang rata-rata merupakan masalah orangtua, namun, sebaiknya anak kuliahan sudah harus tahu bagaimana caranya mengelola keuangan dengan baik. Jika uang kamu habis sebelum waktunya kamu mendapat sangu bulanan, apakah kamu akan membiarkan perut kelaparan karena tidak makan siang? Tentu tidak, kan?

Kamu harus mulai mengerti fungsi uang sejak dini agar nanti saat kamu terjun ke dunia kerja, kamu akan semakin bisa mengoptimalkan fungsi uang. Tujuh hal ini merupakan hal yang seharusnya sudah kamu tahu tentang uang justru saat kamu masih kuliah.

1. Biarpun anak kuliahan, kamu perlu menabung uang sakumu tiap bulan atau tiap minggu
Bukan cuma orang kerja atau anak sekolahan saja yang butuh menabung, kamu sebagai anak kuliah juga perlu untuk melakukan hal baik ini. Hitung pendapatan yang kamu dapat dari orang tua kamu setiap bulannya, sisihkan beberapa persen untuk tabungan pribadi. Jangan tergoda untuk menggunkan tabunganmu dengan alasan apa pun, ya! Tabungan ini bisa membantumu di akhir bulan, lho.

2. Melakukan budgeting tentang mana yang perlu kamu beli dan mana yang tidak perlu dibeli
Buatlah list rincian biaya, pisahkan yang menjadi kebutuhan pokok dan tidak. Buku, alat tulis, kos-kosan, mie intan, uang transport tentu perlu kamu masukkan dalam list pengeluaran pokok yang tidak bisa diganggu-gugat. Jangan sampai kamu menukar posisinya dengan membeli barang-baraag yang tidak perlu.

3. Uang banyak di awal bulan jangan membuatmu haus belanja
Kamu mungkin sering melakukan ini, sering belanja di awal bulan karena uang jajan dari orangtua sudah cair. Jangan sampai kamu tergoda untuk menghamburkan uangmu di awal bulan. Ingat hari masih panjang, kamu masih butuh makan dan membeli kebutuhan lain di pertengahan dan akhir bulan.

4. Membayarkan uang kuliah tepat pada waktunya itu sangat penting, jangan sampai kamu mengulur pembayaran
Orangtua kamu mungkin mempercayakan kamu memegang uang untuk dibayarkan ke pihak kampus. Kamu perlu menjaga kepercayaan yang orangtua kamu berikan dengan langsung menyetorkannya. Percaya atau tidak, menunda pembayaran uang kuliah akaan membuatmu tergoda untuk menggunakannya dulu.

5. Jangan menganggap habisnya uang artinya tinggal minta, kamu perlu memikirkan kemampuan orangtua
Sekalipun orangtua kamu tergolong orangtua yang berada, bukan berarti yang kamu lakukan adalah minta dan minta. Kamu perlu mejadi bijak karena kamu tidak ikut mencari uang. Sebisa mungkin walaupun kamu tidak bisa membantu, jangan memberatkan.

Sekarang sudah tahu kan langkah bijak mengelola keuanganmu? Tambahkan di kolom komentar ya kalau kamu punya ide lain!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s