Bukannya Bodoh, Ini 7 Penyebab Kamu Belum Fasih Bicara Bahasa Inggris

Di era modern ini, penguasaan bahasa Inggris dinilai sangat perlu. Tak heran bila setiap orang, termasuk kamu – setidaknya berkeinginan untuk mahir berkomunikasi dengan bahasa satu ini.

Kamu mungkin sudah sedikit banyak paham saat menangkap maksud dari omongan seseorang dalam bahasa Inggris, namun masih saja merasa kesulitan untuk bicara dengan menggunakan bahasa asing ini. Saat diharuskan untuk berbicara, kamu kerap terbata-bata dan canggung.

Kalau kamu menganggap penyebab kamu belum mahir juga sampai saat ini adalah karena tak pintar, buang deh pikiran negatif semacam itu. Bukannya bodoh, tapi mungkin kamu belum pandai bicara bahasa Inggris karena ada beberapa hal yang menghambat perkembangan.

Kemampuan speaking-mu bisa banget lho meningkat kalau kamu berhasil mengatasi 7 penyebab berikut ini.

1. Merasa minder karena menganggap kemampuan speaking masih minim
Rasa minder dapat menghambat proses belajar bahasa Inggris, terutama jika kamu ingin lebih fasih berbicara dengan bahasa tersebut. Kalau tetap merasa minder, kamu pun akan sulit mengalami peningkatan. Akibatnya, kemampuanmu akan segitu-gitu saja dan tidak naik level. Daripada minder terus-terusan, kamu sebaiknya percaya diri bahwa kamu bisa jika tidak bosan belajar. Usaha mana pernah mengkhianati hasil, iya kan?

2. Terlalu banyak teori tanpa dipraktikkan
Banyak belajar teori bahasa Inggris seperti grammar dan sebagainya memang baik untuk menambah wawasanmu. Tetapi, kalau terlalu banyak teori tanpa dipraktikkan, belajarmu tidak akan maksimal.

Lain halnya jika mulai latihan bicara bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, yang membuat kamu nantinya akan terbiasa. Mulailah dari hal terkecil seperti berbicara kepada diri sendiri dengan bahasa Inggris. Meskipun cara ini terbilang ‘aneh’, tapi sangat ampuh untuk meningkatkan kemampuanmu.

3. Tidak latihan secara rutin dan konsisten
Kebanyakan orang biasanya hanya semangat belajar bahasa Inggris di awal saja. Namun makin lama, rasa menggebu-gebu itu hilang begitu saja. Tanpa sadar kamu sudah ‘mangkir’ belajar berhari-hari dan ketika ingin memulai kembali, bicaramu yang tadinya sudah mulai lancar jadi terbata-bata lagi karena kurang dibiasakan.

Nah, kalau kamu ingin fasih bicara dalam bahasa Inggris, latihanmu perlu dilakukan secara rutin dan konsisten. Jangan setengah-setengah, ya!

4. Takut diejek oleh orang lain saat melakukan kesalahan
Ketika berbicara dengan bahasa asing yang belum kamu kuasai, biasanya muncul kekhawatiran akan ada pihak yang mengejek ketika kamu melakukan kesalahan. Bila memang ada orang yang nyinyir, boleh banget kok kamu bersikap bodo amat.

Melakukan kesalahan dalam proses belajar adalah hal wajar. Justru nantinya, kamu tahu dimana letak kurangmu dan bisa memperbaiki kesalahan itu. Jangan biarkan omongan negatif dari orang lain menghalangi upayamu.

5. Terlalu fokus pada grammar
Memang sih, ngomong bahasa Inggris dengan kaidah yang benar akan sangat membanggakan. Namun jika kamu masih dalam tahap belajar, terlalu fokus pada grammar justru akan membuatmu jadi lebih lama untuk lancar berbahasa Inggris.

Lebih baik kamu berbicara dengan santai karena yang terpenting dalam komunikasi adalah lawan bicara mengerti ucapanmu. Kalau kamu rajin latihan, pasti kamu akan terbiasa dan mampu mendeteksi grammar yang benar dengan sendirinya.

6. Hanya fokus pada kata, bukannya pada frasa atau kalimat utuh
Daripada hanya menghafal arti per kata, belajar bahasa Inggris dengan turut memperhatikan frasa dan kalimat utuh jauh lebih efektif. Jika kamu menghafal sebuah kata, kamu hanya akan tahu arti kata tersebut. Tetapi kalau kamu mengetahui frasa dan kalimat utuhnya sekaligus, kamu akan paham cara menggunakannya ketika kamu sedang bicara.

Terbiasa hanya fokus menghafal kata juga akan membuat bahasa Inggrismu jadi kacau, dan kamu cenderung menerjemahkan satu per satu kata. Contoh, ketika kamu ingin bicara, ‘Saya bangga pada diri sendiri’, kamu akan bilang, ‘I am proud to myself’. Lain halnya jika kamu terbiasa melihat frasa atau kalimat utuh, lidahmu akan secara otomatis mengucapkan ‘I am proud of myself’.

Coba deh banyakin cari tahu tentang frasa serta melihat kalimat secara utuh. Dengan begitu, bahasa Inggrismu akan lebih terdengar natural!

7. Belajar hanya dengan berpatok pada buku, tidak memanfaatkan media lain
Ada baiknya kamu tak cuma memanfaatkan buku sebagai satu-satunya media belajar. Kamu bisa pakai cara yang menyenangkan seperti menonton film dengan subtitle bahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan lagu berbahasa Inggris sambil coba ikuti cara pengucapan yang benar. Dijamin, lain kali ketika kamu bicara dengan kata-kata yang pernah muncul di lagu atau subtitle film tersebut, kamu tidak akan keliru mengucapkannya.

Guys, yang terpenting dalam proses belajar adalah sadar bahwa tidak ada sesuatu yang instan. Mustahil kamu secara tiba-tiba bisa lancar ngomong dengan bahasa Inggris padahal usahamu masih sangat minim.

Dengan usaha maksimal serta menyiasati hal-hal yang menghambatmu untuk bisa lancar berbahasa Inggris, kemampuan speakingmu akan meningkat lebih cepat dari yang kamu bayangkan!

Sumber: Idntimes.com

Ketahui RAHASIA Menguasai Bahasa Inggris dari DASAR, Menaklukkan TOEFL dan IELTS

Luangkanlah waktu 5-8 menit saja untuk membaca informasi berikut. Terutama bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.

Apakah kamu merasa………

1. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang pas-pasan dan ingin memperbaikinya dengan waktu yang cepat?
2. Ingin ikut kursus Bahasa Inggris tapi terkendala dengan biaya yang mahal dan waktu belajarnya tidak fleksibel ( tidak bisa menyesuaikan jadwal sesuai keinginan ) ?
3. Susah untuk menemukan info di dunia maya mengenai tips dan cara belajar Bahasa Inggris yang ditulis oleh yang benar-benar ahli?
4. Merasa kecewa dengan banyaknya referensi pelajaran Bahasa Inggris yang bagus tapi menggunakan Bahasa Inggris, sedangkan kamu ingin memakai bahasa sendiri?
5. Tips Bahasa Inggris yang ada di Internet biasanya tidak rapih dan kurang bisa dipercayai?

Apabila kamu menjawab 3 “YA” dari 5 pertanyaan di atas, maka kamu butuh info yang akan kami bagikan di bawah ini.

Buat kamu yang ingin bisa menguasai bahasa Inggris, kami ada solusi tepat untuk mengatasi semua permasalahan itu. Perkenalkan Buku TOP ENGLISH, TOP TOEFL, TOP TRAVEL, dan JURUS IELTS.

Beli paket 4 buku, kamu akan mendapatkan GARANSI HARGA TERMURAH, Apa saja yang akan kamu dapatkan dari promo ini?

1. BUKU TOP TOEFL
Fitur :
– 295 Halaman BUKU super keren
– Ratusan soal TOEFL
– Penjelasan menggunakan bahasa Indonesia
– Hardcover

2. BUKU TOP ENGLISH
Fitur :
– 414 Halaman BUKU super keren
– Ratusan soal Bahasa Inggris
– Penjelasan menggunakan bahasa Indonesia
– Hardcover

3. BUKU TOP TRAVEL
– 150 Halaman BUKU super keren
– Panduan traveling ke luar negeri
– Penjelasan menggunakan bahasa Indonesia

4. BUKU Jurus Ampuh Menaklukkan IELTS
– 167 Halaman BUKU super keren
– Ratusan latihan soal IELTS.
– Penjelasan menggunakan bahasa Indonesia

5. Ratusan latihan soal

6. 600++ eBook dalam Bahasa Inggris.

7. GRATIS ONGKOS KIRIM

BERAPA HARGA 4 BUKU SUPER INI?

Coba renungkan dulu kira-kira berapa biaya kursus yang harus kamu bayar untuk belajar bahasa inggris selama ini? Hasilnya sudah signifikan? Kalau belum maka Paket ini akan semakin menyempurnakan kemampuan bahasa inggris mu, DIJAMIN 100%. Ayo segera order dan buktikan kualitas produk kami!

HARGA LANGSUNG CHAT KAMI di http://bit.ly/promosatupaket (Langsung tersambung di WA) atau hubungi 082232096491

Beli sekarang sebelum harga NAIK!!!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s