8 Kegiatan Kuliah Ini Bakal Jadi Nilai Plus yang Memperindah CV-mu!

Memanfaatkan waktu kuliah dengan baik akan berpengaruh terhadap perkerjaan kita saat lulus nanti. Tapi bukan itu saja, dengan meluangkan waktu kosong untuk mengikuti kegiatan positif yang diadakan di lingkungan kampus, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Semakin banyak kegiatan yang kita ikuti akan semakin banyak daftar portofolio yang bisa kita lampirkan dalam curriculum vitae-mu nantinya.

Berikut beberapa kegiatan kampus berkulitas yang akan melatih soft skill-mu dan membuat banyak perusahaan melirik kemampuan kita.

1. Bergabung di himpunan mahasiswa jurusan
Himpunan akan memupuk kita bagaimana beroganisasi, bagaimana bernegosisi, dan bagaimana bertoleransi. Karena sikap ini akan membantu kita bagaimana berinteraksi dengan rekan kerja bahkan dengan atasan kita. Dengan keaktifan kita berorganisasi pastinya akan menjadi nilai plus kesiapan kita untuk terjun bersosislisasi dalam lingkup yang lebih kompleks dari pada dunia pendidikan.

2. Mengikuti kegiatan internasional
Kegiatan ini bisa berupa pertukaran pelajar, double degree, dan magang. Hal ini sangat bermanfaat dalam membuka wawasan akan latar belakang berbeda dari tiap orang, melatih kita dalam berbahasa inggris, dan belajar menjalin kerja sama dengan mereka. Nilai plusnya adalah begaimana kelancaran kita dalam berbahasa inggris, karena dalam dunia kerja sangat penting untuk terbiasa bahkan mahir berbahasa inggris.

3. Mengikuti kompetisi kampus maupun regional
Ketika kita memiliki kelebihan dalam sebuah bidang dan mampu berkompetisi, hal ini akan menjadi dasar bagaimana kita belajar dan berusaha untuk mencapai sebuah target. Sama halnya dengan tuntutan sebuah perusahaan ketika kita diharuskan untuk mencapai sebuah target, dan bagaimana berkompetisi sehat dalam perusahaan tersebut. Selain itu prestasi kita akan menjadi daya tarik untuk sebuah perusahaan dalam memilih kita, semakin baik dan semakin besar prestasi kita akan semakin besar pula peluang untuk di terima

4. Berwirausaha
Memilki sebuah usaha akan membantu kita belajar untuk terjun langsung dalam pasar perekonomian. Bagaimana daya tarik pembeli, bagaimana harga pasar dan bagaimana pelayanan terhadap konsumen. Hal ini akan membantu kita yang ingin masuk kerja ke perusahaan bidang perdagangan dan pelayanan.

5. Mengikuti seminar nasional
Mengikuti seminar akan menambah wawasan kita tidak hanya teori tapi dari pakar dan narasumber lainnya. Selain mencerdaskan, dengan mengkuti seminar akan membentuk pemikiran kita menjadi lebih kritis. Kelebihan lainnya kita akan memiliki sertifikat sebagai penambah kecantikan cv, semakin banyak mengikuti seminar semakin banyak pengetahuan dan sertifikat yang kita miliki.

6. Menjadi sukarelawan
Kegiatan sukarelawan sangat membantu kita untuk menumbuhkan jiwa sosial. Banyak organisasi di luar sana yang sering mengadakan kegiatan amal ini. Selain itu kita bisa mengasah kemampuan kita di kuliah dalam kegiatan ini. Kalau kita bisa mengajar atau berbagi keterampilan akan sangat membantu untuk mereka yang sangat membutuhkan. Hal ini akan menjadi nilai lebih untuk kita di mata sebuah perusahaan, apalagi kalau perusahaan tersebut bergerak di bidang sosial.

7. Menjadi asisten dosen
Untuk menjadi seorang asisten dosen pastinya kita dituntut memiliki nilai yang memumpuni untuk mata kuliah itu. Selain nilai, keaktifan kita dalam mata kuliah juga menjadi pertimbangan untuk bisa menjadi seorang asisten dosen. Sebuah perusahaan pastinya akan melihat kelebihan kita tidak hanya dalam menangkap materi tetapi juga kemampuan mengimplementasikan materi saat kita mengajar.

8. Magang di perusahaan
Kegiatan ini sangat berkontribusi besar untuk kita yang ingin bekerja. Penilaian diambil dari sikap dalam bekerja dan kemampuan kita selama bekerja. Hal ini akan menjadi pertimbangan penting kalau kita melamar kerja di tempat yang sama saat kita magang. Bahkan tidak jarang, perusahan akan menawarkan kita pekerjaan kalau memang kita berkompeten selama magang di perusahaan tersebut.

Semua kerja keras dan lelah di kampus akan terbayar dengan mudahnya mendapat perkerjaan yang kita inginkan. Yuk perbanyak kegiatan positif kita!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s