5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Belajar Public Speaking Mulai Sekarang

Kemampuan berbicara didepan umum (public speaking) akan sangat membantumu dalam kehidupanmu. Baik itu di sekolah, kampus atau tempat kerja, kemampuan ini akan sangat diperlukan.

Namun, tak sedikit orang yang mampu dengan percaya diri untuk berbicara di depan umum. Oleh karena itu, untuk kamu yang belum terbiasa berbicara di depan umum, kamu bisa berlatih dari sekarang.

Nah, berikut 5 alasan kenapa kamu harus belajar public speaking dari sekarang.

1. Saat kuliah kamu dituntut untuk presentasi disetiap mata kuliah
Saat kuliah, mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Untuk yang telah terbiasa aktif dan sering berbicara di depan umum, mungkin hal ini akan terlihat mudah. Namun, bagi sebagian orang yang memiliki demam panggung, hal ini akan sangat sulit dilakukan.

Saat kamu presentasi, kamu bisa gugup dan tiba- tiba ngeblank saat akan menyampaikan materi. Untuk itu, kamu bisa berlatih berbicara di depan temanmu, orang tuamu atau bahkan didepan cermin karena hal itu akan sangat membantumu melatih keberanian dan percaya dirimu.

2. Kamu harus menghadapi sidang skripsi
Hal ini sama seperti saat kamu presentasi di depan kelas. Namun, bedanya adalah kamu harus menghadapi ini sendiri tanpa bantuan teman-temanmu dan kamu harus menghadapi beberapa dosen dalam menyampaikan materimu.

Oleh karena itu, kemampuan menguasai materi yang ditunjang dengan rasa percaya diri dan kemampuan berbicara di depan umum yang baik akan memudahkanmu dalam menghadapi sidang skripsi. Sehingga ketika kamu diberi pertanyaan oleh dosen penguji, kamu akan menjawabnya dengan baik dan lancar. Maka dari itu, kamu harus berlatih public speaking mulai dari sekarang.

3. Bermanfaat saat wawancara kerja
Interview kerja adalah hal yang sangat penting di hidupmu bukan? Kamu pasti akan berlatih keras dan menyiapkan segala hal dengan baik agar kamu bisa melakukan interview dengan mulus. Kamu tidak mau kan dianggap tidak profesional karena rasa gugupmu yang berlebihan.

Oleh karena itu, dengan seringnya kamu berlatih berbicara dengan teman, orang tua, atau bahkan di dalam sebuah kelompok besar akan sangat membantumu untuk lebih percaya diri dan yakin pada kemampuanmu. Sehingga saat interview nanti, kamu bisa mengeluarkan semua potensimu dan diterima bekerja di perusahaan yang kamu inginkan.

4. Bermanfaat di dunia kerja
Meskipun kamu tidak bekerja di kantor pelayanan masyarakat, kamu tetap memerlukan keahlian public speaking ini. Karena public speaking bukan hanya semata-mata kemampuan berbicara di depan umum saja, namun public speaking mencakup kemampuanmu untuk menyampaikan argumen atau opinimu pada orang lain.

Sebagai contoh ketika kamu bekerja pasti ada kalanya kamu harus melaporkan hasil kerjamu pada atasan atau pada saat rapat kamu dituntut untuk memberikan masukan positif untuk pengembangan kantormu. Dengan kemampuan public speaking yang baik, kamu bisa melaporkan tugasmu dan memberikan masukan dengan meyakinkan. Pastinya kamu tidak akan menghindar ketika kamu diminta bosmu untuk memimpin rapat.

5. Menjalin koneksi
Menjalin koneksi yang baik dengan orang sekitar ataupun orang baru akan sangat bermanfaat untukmu. Sebagai contoh ketika kamu membuka sebuah bisnis, pasti kamu harus melakukan promosi untuk memasarkan produkmu. Dengan jalinan komunikasi dan rasa percaya diri yang baik, kamu bisa menjelaskan dan memasarkan produk yang akan kamu jual dengan lancar.

Selain itu kemampuan berbicara di depan umum ini akan membuatmu lebih percaya diri untuk berpartisipasi di lingkunganmu. Sehingga hubunganmu dengan masyarakat akan terjalin baik dan harmonis.

Itulah 5 alasan kenapa kamu harus belajar public speaking mulai dari sekarang. Kamu bisa memulainya dengan presentasi di depan kelas, mengikuti les public speaking ataupun aktif dalam kegiatan organisasi disekolah karena dengan seringnya kamu berbicara dan berkomunikasi akan memudahkanmu untuk berbicara di depan umum nantinya. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s