Inilah Cara Cepat Mendapatkan Topik Skripsi Sebelum Masa Sidang!

Skripsi adalah salah satu syarat yang wajib dikerjakan oleh para mahasiswa dari berbagai jurusan sebelum kelulusan. Dalam mengerjakan skripsi, problem pertama yang kamu hadapi adalah mencari topik skripsi. Terkadang, kamu menjadi tidak fokus menemukannya karena kamu terpengaruh oleh gosip-gosip buruk tentang sidang skripsi. Kalau kamu sampai terpengaruh, langkahmu untuk lulus kuliah akan terhambat!

Sekarang, tutuplah telingamu dari gosip-gosip itu. Sebenarnya, mencari topik skripsi bisa kamu lakukan sebelum memasuki masa sidang, lho! Selama masih kuliah, manfaatkanlah waktu luangmu untuk mencari topik skripsi. Inilah cara cepat mendapatkan topik skripsi sebelum memasuki masa sidang!

1. Tentukan tema yang ingin kamu bahas
Sebelum kamu melangkah ke tahap terjauh dalam menyelesaikan skripsimu, kosongkan pikiranmu terlebih dahulu. Hindarkan bayangan mengerikan tentang sidang skripsi yang akan kamu hadapi nanti. Yang penting sekarang adalah, tentukan tema yang ingin kamu bahas!

Pikirkan suatu peristiwa menarik di era sekarang, suatu topik yang langka, atau suatu pembahasan yang masih membuatmu bertanya-tanya dan ingin menelitinya. Buatlah list sendiri, mengapa kamu memilih topik itu. Topik adalah power-mu dalam sidang skripsi. Jika kamu sudah menemukannya, kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

2. Cari berbagai sumber yang berhubungan dengan tema pembahasanmu
Setelah menentukan topik, tentukan sumber yang ingin kamu cari. Mencari sumber akan mendekatkanmu pada buku dan jurnal. Paling tidak, kamu memberikan target kurang lebih 3 buku/jurnal yang ingin kamu cari. Bacalah sinopsis dan pendahuluan dari setiap buku/jurnal yang ingin kamu cari, agar kamu bisa memiliki bayangan yang sesuai dengan topik skripsimu. Usahakan sumber yang kamu cari berbahasa inggris, ya.

Di tahap ini, kamu harus lebih hati-hati menyeleksi sumber, karena semuanya harus sesuai dengan topik skripsimu. Jika tidak, hasilnya tidak memuaskan dan kamu tidak bisa maju ke tahap selanjutnya. Kumpulkan semuanya sampai sumber yang kamu cari benar-benar sesuai dengan topik skripsimu!

3. Buatlah ringkasan dari sumber yang sudah didapatkan
Tahap selanjutnya, kamu membuat ringkasan dari sumber yang dicari. Caranya, bacalah pendahuluan dari buku/jurnal tersebut, kemudian buka beberapa halaman, ada bagian apa saja yang nanti akan kamu baca di dalamnya. Setelah itu, siapkan stabilo/pensil. Temukan main idea yang sesuai dengan topik permasalahan skripsimu. Kalau mendapatkan sumber dari internet, bukalah microsoft word, carilah stabilo untuk meringkasnya.

Di tahap ini, kamu tidak boleh hanya sekedar meringkas dan membaca, tapi perhatikan juga kesesuaian masalah topik skripsimu. Karena sumbermu tidak hanya satu, berikan waktu maksimal 15 menit agar bisa meringkas sumber yang lainnya, karena semua ringkasan itu nanti akan kamu ketik menjadi sebuah pembahasan.

4. Diskusikan dengan dosen yang cocok dengan pembahasan topikmu
Setelah kamu berhasil melakukan tahap 2 dan 3 dengan baik, kamu bisa langsung menghubungi dosen yang sesuai dengan topik skripsimu. Setelah kamu berhasil klop dengan salah satu dosen, langsung saja melakukan konsultasi terhadap topik skripsi yang telah selesai kamu kerjakan.

Meskipun dosen tersebut belum menjadi dosen pembimbing tetapmu, saran-saran darinya bisa menjadi masukan yang bagus untuk skripsimu, lho. Kalau memang ada yang perlu diperbaiki, lakukan saja atas saran dosenmu. Justru, skripsimu akan lebih baik lagi, kan?

5. Buatlah jadwal dan rancangan untuk kegiatan skripsimu
Setelah kamu menemukan dosen yang bisa kamu ajak konsultasi, sudah menemukan topik skripsi yang ingin dibahas, tahapanmu setelah ini belum selesai. Setelah itu, mungkin saja ada pembahasan yang kurang sesuai, sehingga mengharuskanmu mencari sumber yang lebih tepat lagi untuk topik skripsimu. Setelah melewati proses itu, justru langkah mengerjakan skripsi sebenarnya baru dimulai.

Kamu akan mengadakan penelitian dan membuat strategi untuk skripsimu. Tidak hanya itu, biaya pengeluaran pun harus kamu pikirkan secara matang agar semuanya berjalan lancar. Jadi, buatlah jadwal untuk kegiatan skripsimu dan rancanglah semua strategi yang berkaitan dengan kegiatan skripsimu dengan matang, ya!

Inilah cara tercepat untuk mendapatkan topik skripsi sebelum masa sidang. Sebenarnya, cara ini akan berjalan lancar jika kamu memiliki kesadaran untuk menjalaninya. Namun, cara ini akan sia-sia jika kamu tidak memiliki semangat mengerjakannya. Ingatlah, topik skripsi bisa memberikan inspirasi pada banyak orang lho. Jadi, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh, ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s