5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Belajar

Kita sering bingung bagaimana cara agar kita fokus dalam belajar karena sebagian dari kita sering lupa belajar karena penggunaan gadget banyak menyita waktu kita. Berikut lima hal yang harus dilakukan untuk lebih fokus dalam belajar.

1. Matikan media elektronik yang membuat kita tidak konsentrasi
Pada saat kita fokus belajar ada baiknya kita menjauhi handphone, televisi, mp3, atau media elektronik lainnya yang membuat kita gagal fokus dalam belajar. Handphone membuat kita tidak konsentrasi ketika kita chat dengan teman, televisi akan membuat mata kita tertuju di layar televisi sehingga kita tidak maksimal saat belajar. Belajar sambil mendengarkan musik akan membuat pendengaran kita berkurang dan tidak sinkron saat kita membaca buku.

2. Menciptakan ruang belajar yang nyaman
Ruangan yang nyaman akan membuat kita relax saat belajar, sehingga membentuk pola pikir yang cemerlang. Dengan sendirinya akan mampu menyerap materi-materi yang sedang kita pelajari tentunya kita harus rehat sejenak ya untuk mata kita.

3. Sisakan waktu 10-15 menit untuk beristirahat saat belajar
Saat kita belajar kita sering lupa untuk beristirahat. Seharusnya kita memberi waktu untuk beristirahat agar otak kita bisa relax beberapa menit, seperti bermain dengan hewan peliharaan agar otak kita dapat cepat relax.

4. Setelah belajar usahakan tidur 6-8 jam di malam hari
Setelah kita selesai belajar kita sebaiknya jangan bermain media sosial, tapi kita setelah belajar usahakan tidur. Agar apa yang sudah kita pelajari mudah tersimpan dalam memori otak.

5. Kamu bisa mencoba belajar setelah shalat subuh
Kamu juga bisa belajar saat setelah melaksanakan shalat subuh karena belajar di pagi hari setelah shalat subuh otak kita lebih bisa menyimpan ilmu yang lebih lama. Dan kamu juga dapat mengulang kembali pelajaran yang telah dipelajari di malam hari agar kamu dapat lebih memahaminya.

Nah, itulah lima hal yang harus kita perhatikan agar kita dapat fokus saat belajar. Semangat!!!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s