5 Trik Jadi Kakak Tingkat yang Bijak, Biar Cepat Akrab sama Junior

Saat penyambutan mahasiswa baru, peran kakak tingkat juga cukup besar lho. Kesan sangar gak bisa dilepaskan dari diri seorang kakak tingkat. Mengingat adanya budaya perploncoan lama yang masih membayang-bayangi hingga kini.

Meski sudah dihapus dan diganti dengan kegiatan orientasi yang lebih mendidik, kakak tingkat tetaplah sosok menakutkan bagi sebagian mahasiswa baru. Nah, biar adik-adik mahasiswa baru gak takut dan segan mengakrabkan diri, simak nih 5 trik menjadi kakak tingkat yang bijak di kampus.

1. Hindari sikap senioritas

Paling penting adalah menghindari sikap senioritas. Gak perlu memanfaatkan lamanya masa studi sebagai alasan tampil sok berkuasa. Meminta adik-adik maba untuk tunduk dan menunjukkan rasa hormat setiap saat di kampus.

Apalagi para senior cowok nih, ngaku deh yang masih suka memanfaatkan senioritas buat melancarkan aksi menggebet adik tingkat.

2. Bersikap ramah dan mengayomi

Sebagai kakak yang kedatangan adik baru, bijaknya selalu bersikap ramah dan mengayomi. Mereka butuh bimbingan menghadapi sistem belajar baru yang berbeda jauh dengan masa SMA.

Berikan informasi yang lengkap pada mereka tentang urusan administrasi, sekilas gambaran mata kuliah, sampai trik-trik khusus memahami karakter dosen. Kalau hubungan dengan adik tingkat terjalin baik bisa sekaligus menambah relasi pertemanan kan.

3. Membantu adaptasi dengan lingkungan kampus

Selain urusan akademis, bantu juga mereka beradaptasi dengan lingkungan kampus. Beritahu tempat makan murah, toko untuk membeli kebutuhan sehari-hari hingga klinik jika sewaktu-waktu membutuhkan layanan kesehatan.

4. Gak segan memberi bimbingan belajar

Sikap kakak tingkat yang bijak bisa juga ditunjukkan dengan membantu mereka belajar. Pinjamkan modul-modul kuliahmu semester lalu yang sudah gak dipakai. Kumpulkan juga soal ujian dan catatan kuliah, selain hemat pengeluaran bisa mengurangi limbah kertas lho.

5. Mengajak bergabung UKM

Biar makin lengkap, bimbing juga adik-adik baru ini memilih UKM sebagai kegiatan sampingan di luar kuliah. Kamu bisa melakukan sosialisasi sesuai bidang UKM yang sudah dipilih. Kalau perlu, tunjukkan juga hal-hal positif yang kamu dapat selama mengikuti UKM. Siapa tahu mereka bisa diajak mengerjakan proyek bersama kan?

Dengan menerapkan 5 trik di atas, gak ada lagi kesan senior menakutkan bagi adik tingkat. Kalian akan menjadi partner yang menyenangkan bagi satu sama lain.

Sumber : idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s