7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum Menghadapi Ujian

Mahasiswa pasti identik dengan yang namanya ujian. Pasti tiap semesternya selalu menghadapi UTS dan UAS. Tentunya kamu ingin selalu bisa menghadapi ujian tersebut dengan baik dan maksimal.

Sebelum menghadapi ujian banyak hal yang bisa kamu persiapkan. Tentunya tujuan kamu melakukan persiapan adalah kamu dapat menghadapi ujian dengan maksimal dengan harapan kamu mendapat nilai tinggi nantinya.

Kali ini Ruang Mahasiswa akan menyajikan tips – tips apa saja yang bisa kita persiapkan sebelum menghadapi ujian.

Mari kita simak ulasannya:

1. Rangkum pelajaran
Setelah kamu mendapat pelajaran selama setengah semester atau satu semester, kamu bisa mengulang semua pelajaran dalam sebuah catatan baru. Intinya kamu membuat rangkuman dari materi – materi yang penting dan buku inilah yang bisa kamu pelajari sebelum menghadapi ujian.

2. Ikuti evaluasi
Ada kalanya sebelum menghadapi UTS atau UAS ada acara yang dibuat senior atau pihak jurusan untuk review atau evaluasi materi – materi kuliah dan soal – soal sebelumnya.

Di sini akan dilakukan juga pembahasan dan prediksi soal. Jadi betapa berartinya bagi kamu jika mengikuti kegiatan ini, sehingga kamu sudah memiliki pandangan terhadap ujian yang akan berlangsung.

3. Minta soal – soal tahun sebelumnya
Ini gunanya kamu kenal dan dekat dengan senior. Kamu bisa meminta soal – soal tahun sebelumnya kepada mereka untuk kamu jadikan pembahasan untuk materi ujian yang akan datang.

Apalagi dosen pada mata kuliah sekarang sama dengan tahun sebelumnya sama, maka akan baik untuk kamu jika membahas soal – soal sebelumnya.

Karena ada dosen tertentu yang soalnya kadang sama persis, walaupun tidak pasti soal sebelumnya dengan soal yang akan kamu hadapi tidak jauh beda modelnya.

4. Sering bertanya
Jadi jika ada materi kuliah tidak tahu, kamu bisa bertanya dan meminta penjelasan kepada kakak/abang ataupun teman – teman yang mengerti. Sehingga kamu memang dapat menguasai semua materi yang akan diujikan pada saat ujian.

5. Diskusi kelompok
Diskusi kelompok sangat baik dilakukan bukan hanya ketika ingin menghadapi ujian saja. Tetapi memang jika ingin menghadapi ujian kamu dan teman – teman sekelas bisa membentuk kelompok lebih tepatnya adalah kelompok belajar.

Dalam kelompok ini kamu bisa mendiskusikan materi – materi, soal – soal yang mungkin ada dalam ujian yang akan kamu hadapi.

6. Minta Kisi – Kisi
Kisi – kisi artinya gambaran atau topik – topik besar dari soal ujian. Jadi kamu bisa meminta kisi – kisi ini kepada dosen tertentu yang mungkin memberikan gambaran kepada kamu.

Dari kisi – kisi inilah kamu bisa membuat rangkuman materi untuk persiapan ujian.

7. Ketahui sistem ujian
Jadi di sini ada perbedaan antara masa – masa kuliah dengan masa – sama kamu sekolah dulu. Kalo masa SMA pada umumnya setiap kamu ujian mungkin sistemnya adalah Close Book, tapi kalo masa kuliah tergantung dosen yang bersangkutan yang menentukan. Ada ujian Close Book, Open Book, Open Sheet.

Ini semua tergantung dosen masing – masing, silahkan kamu tanyakan langsung kepada dosen, sehingga kamu tahu apa yang harus dipersiapkan.

Itulah 7 tips yang bisa kamu lakukan untuk persiapan sebelum menghadapi ujian, baik itu Ujian Tengah Semester (UTS) ataupun Ujian Akhir Semester(UAS). Jika kamu melakukan ke-7 tips ini, dipastikan ujian kamu akan siap dan memiliki keyakinan untuk menghadapi ujian dengan baik.

Terakhir adalah bahwa intinya kamu juga terus belajar mengulang pelajaran kamu kemudian jangan lupa berdoa. Semoga sukses buat teman – teman yang ujian ya.

Sumber: Ruangmahasiswa.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s