Ketika Kuliah, Lakukan 5 Kegiatan Ini untuk Mengembangkan Dirimu

Masa-masa kuliah adalah saat di mana kamu bisa melakukan banyak hal dan mengeksplor segala hal baru di sekitarmu. Memang, alangkah lebih baik saat kuliah kita fokus dan tidak teralihkan oleh hal lain. Tapi, masa kuliah adalah juga masa muda di mana kamu bisa tetap fokus pada satu hal sembari melakukan hal lain.

Gak mau kan kalau masa kuliahmu berlalu begitu saja tanpa ada pengalaman luar biasa yang akan menjadi kebanggaan di masa depan dan bisa kamu ceritakan ke banyak orang? Mau tahu hal apa saja yang bisa kamu lakukan sambil tetap fokus kuliah?

1. Mengikuti kegiatan tambahan di luar kelas yang sesuai dengan hobi dan bakatmu
Semua orang tentu punya hobinya masing-masing yang dikerjakan di waktu senggang. Nah, sambil kuliah, kamu bisa tetap mengembangkan hobimu dan mungkin menekuninya sebagai pekerjaan juga lho. Menjadi seorang photographer misalnya, sangat menyenangkan kalau bisa tetap kuliah dan tetap punya kegiatan lain sebagai tempat “lari” saat jenuh dengan tugas-tugas. Tapi kuliahnya tetap harus jadi nomor satu ya guys.

2. Memulai pertemanan dengan berbagai orang dari berbagai daerah
Saat kuliah kamu pasti akan bertemu dengan orang dari berbagai daerah. Apalagi kalau kamu berkuliah di kampus besar, kamu pasti akan berada di lingkungan di mana teman-temanmu berasal dari provinsi lain, atau bahkan negara lain. Inilah kesempatan yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Memperbanyak teman dari penjuru negeri akan memudahkan kamu di kemudian hari. Kemanapun kamu pergi, kamu tidak perlu khawatir karena kamu akan punya teman untuk dikunjungi, menyenangkan sekali kan?

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari budaya, adat, dan bahasa teman-teman mu yang beragam. Pengetahuan mu pun akan ikut berkembang seiring dengan bertambahnya jumlah temanmu.

3. Mengambil kesempatan untuk ikut pertukaran pelajar ke daerah atau negara lain
Dalam setiap masa perkuliahan, pasti ada yang namanya pertukaran pelajar. Nah, saat masuk ke dunia perkuliahan, cobalah untuk mencari tahu mengenai hal ini sejak awal. Sehingga kamu gak akan ketinggalan info saat akan diadakan program tersebut.

Kamu akan punya kesempatan untuk “mencicipi” kota atau bahkan negara lain secara gratis dan dibiayai kampus. Luar biasa sekali kan?

4. Mencoba berbagai macam jenis pekerjaan freelance sebagai pengisi waktu luang
Freelance atau pekerja lepas adalah jenis pekerjaan yang sesuai untuk mahasiswa. Tapi pastikan kamu bisa membagi waktu dengan benar saat memutuskan untuk bekerja freelance ya. Memang hal ini akan menguras waktu dan tenaga, tapi pengalaman yang didapat akan sangat sepadan kok. Namun, tetap ingat dalam benakmu bahwa kuliahmu adalah nomor satu. Jangan gara-gara bekerja kemudian kuliahmu jadi keteteran.

5. Mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri
Masa kuliah adalah masa yang akan mengantarkanmu menuju kedewasaan. Banyak hal-hal yang akan kamu hadapi setelah kuliah berakhir. Jadi, manfaatkan waktu kuliahmu sebagai moment untuk mengenali diri sendiri baik dari luar maupun dalam.

Dengan mengenali diri sendiri inilah nantinya kamu akan siap menghadapi dunia yang sesungguhnya saat sudah lulus kuliah. Jadikan setiap cobaan selama masa perkuliahan sebagai ajang untuk lebih memahami dirimu.

Jadi, sudah siap memanfaatkan waktu kuliahmu sebaik mungkin?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s