Ingin Kuliah di Korea? Ini 5 Beasiswa yang Bisa Kamu Coba Dapatkan

Menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, menjadikan Korea Selatan sebagai salah satu tujuan bagi pelajar dari berbagai belahan dunia untuk melanjutkan pendidikannya, tanpa terkecuali pelajar Indonesia. Untuk bisa kuliah ke luar negeri, khususnya ke Korea, dibutuhkan biaya yang tidaklah sedikit. Dan terkadang hal tersebut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan para pelajar enggan untuk melanjutkan studinya ke luar negeri.

Nah, jika kalian yang ingin melanjutkan studi ke Korea, kalian tidak perlu khawatir dengan masalah biaya. Saat ini sudah banyak organisasi, yayasan, ataupun pemerintah yang menawarkan sejumlah beasiswa. Untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut, maka kalian harus memenuhi persyaratan yang telah diajukan oleh pemberi beasiswa.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah ke Korea, berikut ada 5 jenis beasiswa yang bisa kalian coba kejar. Kira-kira apa saja ya? yuk simak ulasannya.

1. Korean Government Scholarship Program (KGSP)
Diantara semua jenis beasiswa yang ditawarkan untuk bisa kuliah di Korea, beasiswa KGSP merupakan jenis beasiswa yang paling terkenal dan paling banyak diperebutkan. Kenapa? karna beasiswa ini merupakan beasiswa langsung yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan. Gak hanya biaya pendidikan saja, tetapi biaya hidupmu selama disana juga akan dicover. Selain itu, syarat yang harus dipenuhi juga tidak terlalu rumit.

Beasiswa KGSP ini dapat difungsikan untuk mendaftar jenjang D2 (Associate Degree), S1, S2, dan S3. Pendaftaran KGSP di bagi menjadi dua jalur. Jalur pertama kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke Kedutaan Besar/Embassy Korea Selatan yang ada di Indonesia. Dan jalur kedua, kalian bisa mendaftar melalui Universitas yang bekerja sama dengan program KGSP ini. Penting untuk diingat, kalian hanya boleh memilih satu jalur saja. Kalau kalian memaksa untuk mendaftar keduanya, maka secara otomatis kalian akan langsung di diskualifikasi.

2. LPDP
Kalau kalian ingin mendapatkan beasiswa dari dalam negeri sendiri, makan beasiswa LPDP yang satu ini wajib banget buat dicoba. Berbeda dengan beasiswa KGSP yang menyediakan beasiswa hampir untuk semua jenjang, nah kalau LPDP hanya tersedia bagi kalian yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 saja.

Adapun syarat yang harus kalian penuhi agar bisa mendapatkan beasiswa LPDP adalah memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari jenjang studi sebelumnya dengan ketentuan sekurang-kurangnya 3,0 pada skala 4. Selain itu, kalian juga harus memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang diterbitkan oleh ETS, minimal TOEIC 600 bagi penerima beasiswa dalam negeri dan TOEIC 750 bagi pendaftar luar negeri.

3. POSCO TJ Park Foundation
Beasiswa ini khusus ditunjukkan kepada mahasiswa yang tinggal di Asia. Berhubung Indonesia termasuk negara Asia, maka kesempatan kalian untuk mendapatkan beasiswa ini sangat terbuka lebar. Yayasan yang berbasis di Korea ini tiap tahunnya selalu aktif menawarkan beasiswa bagi pelajar Asia yang ingin melanjutkan studi mereka ke Korea. Beasiswa ini tersedia untuk jenjang pendidikan S2 dan S3.

Beasiswa tidak hanya membiayai kuliah saja, tetapi biaya hidup kalian selama tinggal di Korea juga akan dibiayai. Setiap tahunnya akan dipilih 30 pelajar yang berkesempatan mendapatkan beasiswa ini. Jadi jangan heran kalau seleksi yang dilakukan begitu ketat. Untuk info lebih lanjut, kalian bisa membuka web resmu mereka di http://www.postf.org

4. The Objective of The Art Major Asian (AMA) Scholarship Program
Dari namanya saja kalian sudah pasti tau kalau beasiswa yang satu ini ditunjukkan khusus bagi mahasiswa seni. Beasiswa ini hanya diberikan ke negara-negara tertentu saja. Dan berita baiknya, Indonesia menjadi salah satu negara tersebut. Program beasiswa ini tersedia untuk jenjang pendidikan S1 dan S2 saja.

Gak hanya menyediakan beasiswa penuh untuk kuliah, beasiswa ini juga menyediakan biaya penuh untuk kursus bahasa Korea. Selain itu kamu juga bisa menerima asuransi kesehatan, hingga uang saku sebesar 700rb won per bulan. Kalau kalian berminat, kalian bisa langsung mendaftar dengan mengirimkan berkas yang dibutuhkan ke kantor manajemen AMA. Atau bisa melalui email goama@karts.ac.kr

5. Beasiswa dari Ulsan National Institute of Science and Technology
Beasiswa yang satu ini datang dari salah satu universitas di Korea. Berbeda dengan yang lainnya, beasiswa ini disediakan khusus dari Ulsan National Institute of Science and Technology. Universitas yang satu ini merupakan salah satu universitas yang rajin menyediakan beasiswa untuk mahasiswa dari luar negeri yang ingin melanjutkan studi mereka ke Korea. Beasiswa ini tersedia untuk jenjang Master of Science dan PhD.

Bagi kalian yang berminat dengan beasiswa dari UNIST ini, salah satu syarat yang harus kalian penuhi adalah Lulu ujian TOEFL IBT dengan nilai minimum 80, TOEIC 800, atau IELTS dengan skor minimum 550. Untuk info lebih lanjut mengenai beasiswa ini, kalian bisa mengunjungi web unist.ac.kr

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s