Peluang Kerja Besar, Ini 5 Fakta Menarik Program Studi Oseanografi

Sadar gak, sekarang makin banyak cabang keilmuwan yang bisa dipelajari di tingkat perguruan tinggi. Program studi baru terus bermunculan untuk mengikuti perkembangan dan kebutuhan zaman. Salah satunya Oseanografi, cabang dari ilmu kelautan.

Dilihat dari namanya saja, program studi ini cocok banget dengan topografi Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Yuk, intip fakta menarik lainnya tentang Oseanografi di bawah ini!

1. Mempelajari segala fenomena ilmiah di dunia kelautan
Oseanografi adalah cabang ilmu bumi yang mempelajari segala fenomena kelautan. Dibanding program studi Oseanologi lainnya (lingkup Ilmu Kelautan dan Perikanan), Oseanografi bersifat lebih eksploratif.

Mengamati fenomena kelautan dari segala aspek adalah makanan sehari-hari. Mulai dari perubahan kondisi air laut, bagaimana kehidupan biota di dalamnya, hingga melacak penyebab terjadinya bencana alam kelautan.

2. Mencakup banyak bidang keilmuan
Untuk bisa memahami perilaku lautan, banyak bidang ilmu yang dipelajari di Oseanografi. Termasuk kimia, biologi, fisika, geologi, bahkan sampai meteorologi juga lho. Kondisi air laut dapat memengaruhi atmosfer udara di sekitar, bisa dari kadar garam atau tekanan yang dihasilkan.

Ada juga beberapa mata kuliah yang mempelajari struktur bangunan lepas pantai dan pelabuhan. Membangun infrastruktur di sekitar lautan itu gak boleh asal lho, struktur tanah dan batuannya berbeda dengan daratan.

3. Sebagai negara maritim, alam Indonesia adalah lahan belajar yang tepat untuk mahasiswa Oseanografi
Teori gak akan lengkap tanpa praktik langsung dan studi lapangan. Nah, buat anak Oseanografi gak perlu susah-susah mencari bahan pengamatan. Kondisi alam Indonesia sebagai sebuah negara maritim bisa dijadikan laboratorium nyata.

4. Peluang kerja ahli kelautan cukup besar di Indonesia
Soal peluang kerja pun gak perlu dikhawatirkan. Indonesia butuh lebih banyak lagi ahli kelautan yang jumlahnya belum seberapa. Apalagi melihat kondisi perairan laut yang kini makin gak menentu.

Lulusan Oseanografi bisa bergabung sebagai tim peneliti di berbagai lembaga pemerintahan, utamanya yang berkaitan dengan kelautan dan mitigasi bencana. Selain itu, dunia industri khususnya pertambangan lepas pantai bisa menjadi alternatif pilihan.

5. Baru 2 universitas negeri di Indonesia yang membuka kelas Oseanografi
Sejauh ini baru 2 universitas negeri di Indonesia yang membuka kelas Oseanografi. Universitas Diponegoro membuka kelas Oseanografi di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Berikutnya adalah Institut Teknologi Bandung, program studi Oseanografi berada di bawah Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian.

Dengan prospek kerja menjanjikan dan cakupan ilmu luas, kamu tertarik gak mengambil program studi Oseanografi?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s