7 Tips Dapat Nilai A Buat Kamu Mahasiswa Baru

Mendapat nilai A di kampus merupakan dambaan setiap mahasiswa. Selain kamu, orang tuamu pun pasti akan bangga jika kamu mendapatkan nilai yang baik di kampus. Dengan kesibukanmu sebagai mahasiswa baru yang penuh dengan kegiatan organisasi kampus, waktu luang yang kamu dapat harus dimanfaatkan dengan baik untuk belajar.

Nah, 5 tips belajar berikut akan membantumu mendapatkan nilai A di kelas. Simak ya!

1. Tulis kembali materi yang sudah dipelajari
Dengan menulis kembali materi yang sudah diajarkan oleh dosenmu, kamu akan mereview kembali pelajaran yang telah kamu dapatkan. Tulilah sendiri dengan kata-katamu. Tandai hal yang tidak kamu mengerti dan tanyakanlah saat dosenmu mengajar.

2. Buatlah mind map
Buatlah jalan cerita materi yang kamu dapatkan dengan sebuah mind map. Mind map akan membantumu memfokuskan materi yang telah kamu dapatkan. Sembari mendengarkan gurumu mengajar, tulislah poin pentingnya dalam mind map mu.

3. Kerjakan tugas tepat waktu!
Janganlah menganggap enteng sebuah tugas. Tugasmu harus kamu selesaikan dengan baik karena selain berdampak pada nilai , tugas mu itu mencerminkan perilakumu. Dosen akan menilai perilaku bukan hanya dari keseharianmu dikelas, namun juga dari waktumu menyelesaikan tugas.

Berikan usaha terbaikmu dalam mengerjakan setiap tugasmu agar hasil tugasmu bisa memuaskan. Manfaatkan perpustakaan kampusmu untuk referensi tugasmu.

4. Mendengarkan audio
Jika kamu tidak bisa menghafal sebuah textbook. Kamu bisa membaca textbook tersebut dan merekamnya di ponsel mu. Sehingga saat kamu belajar, kamu tinggal nyalakan saja playlist pelajaranmu. Dengan begitu, setiap kata dalam pelajaranmu agar terngiang selalu di pikiranmu. Kamu bisa mendengarkannya saat sibuk ataupun dalam waktu luangmu.

5. Aktif di kelas
Gaya belajar di SMA dengan Kuliah akan berbeda. Di dalam perkuliahan, kamu dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Jika ada hal yang tidak kamu mengerti, segeralah tanyakan pada dosenmu atau jika dosenmu meminta pendapatmu, bersuaralah dan ungkapkan pendapatmu.

Bagi mahasiswa yang demam panggung, mungkin hal ini akan sulit dilakukan. Tapi cobalah, setidaknya pada pelajaran yang kamu sangat sukai. Dengan aktifnya kamu dikelas, dosen akan mengingatmu sebagai siswa yang aktif dan cerdas.

6. Belajar jauh-jauh hari sebelum ujian
Ini merupakan tips dasar yang wajib kamu lakukan agar mendapatkan nilai yang baik. Usahakan untuk belajar beberapa hari sebelum ujian agar saat ujian sudah dekat, kamu hanya tinggal mereview materi-materi yang belum kamu kuasai. Kamu bisa mereview-nya bersama teman sekelasmu sehingga kamu bisa berbagi pandangan tentang ilmu yang telah dipelajari.

7. Perbanyak membaca materi kuliah
Banyak membaca akan menambah wawasanmu. Tidak melulu harus buku pelajaran, informasi terkini dari website pun bisa kamu manfaatkan untuk menambah wawasanmu.

Itulah 7 cara untuk mendapatkan nilai A di kelas untuk kamu mahasiswa baru. Selain itu berdoalah setiap saat karena dengan usaha dan doa akan memberikan hasil yang memuaskan. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya. Selamat belajar.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s