Kamu Bikin Waktu Kuliahmu Sia-sia Kalau Melakukan 6 Kebiasaan Ini

Ketika kamu kuliah, sebenarnya kamu dituntut untuk bertanggung jawab untuk dirimu sendiri. Namun sebenarnya, pasti banyak dari kamu yang merasa kuliah itu sia-sia bukan? Alhasil kamu melakukan pelarian diri ke kebiasaan ini, yang tanpa sadar bikin waktu kuliahmu makin sia-sia. Ini enam tanda kamu sudah menyia-nyiakan masa kuliahmu. Tolong segera dirubah, jangan dilakukan lagi ya.

1. Malas mengerjakan tugas
Kamu mengeluh ketika dosen memberikan tugas. Kamu memandang bahwa tugas yang diberikan adalah beban untukmu, padahal itu memang sudah kewajibanmu. Sayangnya, kamu langsung meninggalkan tugas pentingmu dan melakukan aktivitas yang sebenarnya kurang penting.

2. Mengikuti organisasi kampus yang tidak aktif
Mengikuti organisasi kampus itu bagus. Tapi, bagaimana jika organisasi di kampus tidak memberikan ilmu yang bermanfaat untukmu? Kamu tak lagi mencari tambahan ilmu dan menggali potensimu, tetapi hanya melakukan aktivitas yang tidak penting dan membuang-buang waktu. Kalau kamu masih mengikutinya, sebenarnya hanya rasa lelah yang kamu dapatkan.

3. Memiliki teman yang salah
Punya banyak teman di kampus bisa menjadi poin bagus untukmu, karena kamu bisa mendapatkan info-info tentang kegiatan kampus. Tetapi, bagaimana jika kamu memiliki teman hanya untuk bersenang-senang tanpa mementingkan kuliah? Kamu sibuk mengikuti kegiatan mereka sampai melupakan kewajiban utamamu, yaitu kuliah.

4. Menghabiskan uang untuk hal yang tidak penting
Apakah kamu suka berbelanja hal yang tidak penting? Mungkin saja kamu sedang punya tugas yang mengharuskanmu mengeluarkan uangmu. Sayangnya, kamu tidak memperhatikan prioritas utamamu. Hal ini bisa terjadi bukan hanya dari dirimu saja, lho, tapi bisa dari lingkungan pergaulanmu. Kamu tak lagi memikirkan orangtuamu yang rela berkorban untukmu.

5. Tidak melakukan ibadah dan berdoa
Apakah kamu suka meninggalkan waktu ibadah dan jarang berdoa? Hati-hatilah jika kamu sering meninggalkannya. Tuhan selalu mengawasimu dan membantu langkahmu. Kalau kamu masih meninggalkan kebiasaan ini, kamu selalu merasa ragu tentang apa yang kamu jalani. Terutama tentang kewajibanmu, yaitu kuliah.

6. Tidak memiliki tujuan
Akhirnya, setelah kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, kamu sudah tidak semangat lagi untuk mengikuti perkuliahan. Kamu tak lagi menyadari bahwa itu adalah prioritas utamamu. Kamu telah dipengaruhi oleh orang lain yang sebenarnya tidak memberikan dampak baik untukmu. Perlahan-lahan, kamu tidak lagi memikirkan tujuanmu ke depan dan manfaat kamu kuliah.

Setelah kamu mengetahui kebiasaan-kebiasaan ini, apakah di antara kebiasaan ini ada yang masih dilakukan? Jika kamu masih melakukannya, sadarkanlah dirimu. Jika kebiasaan ini dihilangkan, tentu saja kamu akan menjadi orang yang disiplin dan produktif. Jadi, jangan sia-siakan waktu kuliahmu, ya.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s