7 Universitas Unggulan di Rusia Tawarkan Program Studi Baru, Berminat?

Kurang lengkap rasanya membahas hal-hal menarik di Rusia tanpa menyentuh sektor pendidikan. Rusia memiliki beberapa perguruan tinggi favorit yang masuk deretan terbaik dunia. Banyak mahasiswa asing datang ke negara ini untuk menuntut ilmu, utamanya bidang sains dan teknologi.

Meski Bahasa Rusia cukup sulit dipelajari, jangan khawatir ada banyak program studi yang membuka kelas Bahasa Inggris. Seperti 7 universitas unggulan di bawah ini, ada belasan program studi baru yang ditawarkan untuk para calon mahasiswa.

Simak yuk, siapa tahu cocok dengan minat dan niatmu melanjutkan studi di luar negeri.

1. Universitas Penelitian Nuklir Nasional (MEPhI) Moskow
Juga dikenal sebagai Moscow Engineering Physic Institute (MEPhI), perguruan tinggi di kawasan Kashirskoe Shosse ini baru saja membuka program master baru. Kelas Permasalahan Modern dalam Rekayasa Perangkat Lunak dibuka dalam pengantar Bahasa Inggris. Cocok nih buat kamu yang sudah menyelesaikan S1 di bidang teknologi dan informasi.

Selain itu, MEPhI adalah tempat yang tepat untuk mempelajari seluk beluk nuklir lebih jauh. Perguruan tinggi yang sudah berdiri sejak tahun 1940-an ini melahirkan sederet ilmuwan hebat seperti Igor Kurchatov dan Andrei Sakharov. Mereka adalah sosok penting dalam perkembangan teknologi nuklir Soviet.

2. Politeknik Pyotr yang Agung St. Petersburg
Beralih ke kota tetangga, Politeknik Pyotr yang Agung di St. Petersburg baru saja membuka 1 program studi baru untuk jenjang master. Kampus yang dinamai sesuai pendiri St. Petersburg ini membuka kelas Kepemimpinan Teknologi dan Kewiraswastaan dengan pengantar Bahasa Inggris.

Politeknik Pyotr yang Agung atau Peter the Great Polytechnic berlokasi di kawasan Polytechniceskaya. Berdiri sejak tahun 1899, program studi unggulan kampus ini adalah fisika dan matematika terapan, teknik industri serta teknik dirgantara.

3. Universitas ITMO St. Petersburg
Masih di St. Petersburg, kampus megah Information Technologies, Mechanics and Optics University (ITMO) membuka 4 program studi baru untuk jenjang S1. Keempat prodi ini berfokus pada bidang sains dan teknologi.

Ada Manajemen Digital dalam Peralatan Modern; Molekuler Robotik dan Sistem Biosensor; Bioinformatika dan Biologi Sistemik serta Teknologi Robotika Intelektual. Pas banget nih buat kamu yang punya ketertarikan tinggi pada dunia rekayasa teknologi.

4. Universitas Negeri Lobachevsky Nizhny Novgorod
Buat kamu yang ingin mendalami dunia medis, Universitas Negeri Lobachevsky di Nizhny Novgorod membuka 3 program studi baru yang cukup menarik. Ada Biofisika Medis, Biokimia Medis dan Sibernetika Medis.

Kampus yang berlokasi di Prospekt Gagarina Nizhny Novgorod ini berdiri sejak tahun 1916. Dua tahun kemudian pada 1918, Universitas Negeri Lobachevsky yang kala itu bernama People’s University diresmikan sebagai Institusi Pendidikan Tinggi Soviet yang pertama.

5. Universitas Negeri Tomsk
Tomsk adalah salah satu wilayah penting di Rusia yang dijuluki sebagai kota pendidikan. Salah satu kampusnya yang terkenal adalah Tomsk State University atau Universitas Negeri Tomsk.

Kampus ini membuka program studi baru untuk jenjang master, yaitu kelas Keanekaragaman Hayati dalam pengantar Bahasa Inggris. Uniknya, program baru ini akan difokuskan pada penanganan konservasi di lingkungan Arktik.

6. Politeknik Tomsk
Selanjutnya ada Tomsk Polytechnic University atau Politeknik Tomsk, yang merupakan institut teknik tertua di Rusia. Kampus ini mulai didirikan pada tahun 1896 dan dibuka untuk umum 4 tahun kemudian.

Politeknik Tomsk membuka program studi baru yaitu kelas Teknik Elit di bidang politik dan kemiliteran. Berbeda dari kampus teknik pada umumnya, Politeknik Tomsk punya fasilitas pelatihan militer sendiri dan membuka beberapa kelas khusus teknik strategi hubungan internasional.

7. Universitas Negeri Ural Selatan Chelyabinsk
Terakhir ada Universitas Negeri Ural Selatan di wilayah Chelyabinsk. Kampus yang dibuka sejak tahun 1943 ini adalah salah satu institusi pendidikan besar di Rusia, yang masuk dalam peringkat 10 besar terbaik.

Universitas Negeri Ural Selatan membuka kelas Teknik Mesin dengan pengantar Bahasa Inggris. Program ini terbilang baru, mengingat belum banyaknya kelas berpengantar Bahasa Inggris di kampus ini.

Keren-keren kan program studi baru yang ditawarkan, adakah yang sesuai dengan minatmu?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s