Hari Pertama Orientasi Mahasiswa, Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan

Sebelum aktif menjalani rutinitas perkuliahan, mahasiswa baru biasanya diwajibkan untuk menjalani masa orientasi terlebih dahulu. Tujuannya agar mereka mengenal kehidupan akademis dan kemahasiswaan di perguruan tinggi tempat mereka belajar.

Masa orientasi dilakukan selama beberapa hari tergantung kebijakan setiap kampus. Tapi, di hari pertama orientasi, inilah tujuh hal yang perlu kamu lakukan.

1. Kenali visi misi perguruan tinggi tempat kamu belajar
Tak sedikit mahasiswa yang abai terhadap visi misi perguruan tinggi. Padahal visi misi adalah penentu arah kebijakan perguruan tinggi, termasuk target-target yang hendak dicapai perguruan tinggi. Biasanya para dosen akan memaparkan materi tersebut di hari pertama orientasi.

Kalau merujuk ke tren saat ini, kampus-kampus di Indonesia sedang berkompetisi menjadi perguruan tinggi berkelas dunia. Hebat kan? Apalagi kalau kamu turut berkontribusi dengan mengikuti pertukaran mahasiswa, konferensi ilmiah, organisasi, dan banyak hal lainnya.

2. Cari tahu siapa ketua BEM di kampusmu
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah organisasi yang populer di perguruan tinggi. Sejenis OSIS jika di sekolah menengah.

Jangan kudet, cari tahu siapa ketua BEM di perguruan tinggimu. Setidaknya, kamu tahu siapa nama dan asal fakultas ketua BEM tersebut.

3. Gaet teman sebanyak-banyaknya
Kampus adalah dunia barumu sekarang. Kamu sebaiknya aktif berkenalan dengan teman-teman di sekitarmu. Carilah tahu siapa nama mereka, tempat tinggal, akun media sosial, syukur-syukur kalau kamu bisa tahu dia sudah punya pacar atau belum.

Kenapa harus berkenalan? Sebab, mereka akan termasuk dalam lingkar pertemananmu selama beberapa tahun ke depan. Siapa tahu pula, kalian punya ketertarikan yang sama terhadap bidang tertentu. Jadi bisa barengan terus deh.

4. Tak perlu segan berkenalan dengan para senior
Mereka adalah orang yang lebih dulu menjalani kuliah di kampus. Coba deh tinggalkan sedikit rasa sungkan kamu. Para senior tersebut sebenarnya welcome jika ada mahasiswa baru yang bertanya khususnya tentang atmosfer akademis di kampus. Minta kontaknya jika diperlukan.

5. Buat kamu yang punya minat dan bakat, cari tahu unit kegiatan mahasiswa
Ini wajib buat kamu yang punya kegemaran tertentu. Kamu punya hobi basket, bernyanyi, menari atau sekadar main kartu bridge, cari tahu keberadaan unit kegiatan mahasiswa tersebut.

Seru kan, jika kampus punya ruang kegiatan yang mewadahi minat dan bakatmu. Join, yuk!

6. Selain minat dan bakat, perbanyak informasi tentang kegiatan kemahasiswaan lain
Benar adanya ungkapan yang mengatakan bahwa kampus adalah kawah Candradimuka. Sebab, para mahasiswa akan belajar dan ditempa oleh berbagai hal.

Kuncinya, kamu perlu tahu peluang tersebut. Cari tahu tentang organisasi intra maupun ekstra kampus, kepemudaan, serta komunitas sosial. Kamu akan belajar banyak hal di sana.

Eits, asal kamu tak ikutan bergabung dengan organisasi ekstremis, ya!

7. Pengen kuliah gratis? Yuk, cari informasi beasiswa
Perguruan tinggi umumnya menyediakan ribuan kuota beasiswa untuk mahasiswa. Folks, cari tahu informasi ini dan bagaimana mendapatkannya. Berapa pun besarnya beasiswa, ini akan meringankan beban biaya kuliahmu.

Biasanya, beasiswa mensyaratkan indeks prestasi kumulatif minimal 3,00. Syarat tersebut akan membantumu mengangkat nilai akademis.

Buat kalian para mahasiswa baru, semangat ya! Perjalanan kalian baru saja dimulai.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s