5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Merasa Salah Jurusan

Ketika lulus dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sebagian dari kalian pasti memilih untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Namun terkadang sebagian dari kita merasa salah mengambil jurusan, karena kurang memahami potensi diri sendiri atau kurang menggali informasi.

Beberapa dari mahasiswa yang merasakan hal tersebut sering kali putus asa, namun beberapa hal ini masih bisa dilakukan biar gak berhenti di tengah jalan, so check this out.

1. Selesaikan apa yang kamu mulai
Karena kamu sudah terlanjur menempuh studi, mungkin sebagian orang akan memilih pindah jurusan namun tentunya membutuhkan biaya yang gak sedikit. Buat kamu yang gak punya pilihan lain jangan menyerah dan selesaikan apa yang jadi keputusanmu sampai akhir.

Gak ada yang gak mungkin kok kalo kamu mau belajar, meskipun itu bukan passion kamu. Karena saat kamu bisa menyelesaikan apa yang kamu mulai bukankah kamu mendapat ilmu yang lebih banyak?

2. Terus asah kemampuan
Meskipun kamu mengambil jurusan yang bukan di bidang ataupun yang gak sesuai kemampuanmu, bukan berati kamu juga harus menyerah. Di zaman yang semakin modern ini kamu bisa mempelajari segala hal dari jalur pendidikan saja, kamu harus bisa memanfaatkan internet semaksimal mungkin untuk menggali informasi yang dibutuhkan.

3. Publikasikan hasil karyamu
Jangan remehkan kekuatan dari social media ya, jadi jika kamu punya kemampuan yang lebih jangan disimpan sendiri. Social media jangan hanya dipakai tempat curhat, contohnya saja buat yang hobby menulis kamu bisa upload ke blog pribadi atau kirim ke IDN Times.

Lain lagi kamu yang suka foto-foto, bisa upload ke akun Pinterest, atau kamu yang suka membuat aplikasi bisa juga upload karya kamu di Github. Saat ada seseorang yang melihat hasil karyamu, bisa saja kamu dapat tawaran menarik lho yang sesuai dengan kemampuan.

4. Ikuti lomba atau kompetisi
Kamu bisa ikuti berbagai macam lomba atau kompetisi yang sesuai dengan kemampuan, karena dengan mengikuti lomba kemampuan kamu akan diakui oleh publik, selain itu kamu juga bisa menambah pengalaman dan wawasan yang berbeda dari setiap lomba. Jangan malu-malu untuk mengikuti berbagai acara tersebut, karena skill-mu bisa lebih terasah dan mendapat banyak masukan dari orang lain.

5. Bangun relasi
Yang satu ini juga sangat penting lho, kamu bia membangun relasi dengan mengikuti organisasi di dalam lingkungan kampus atau di luar lingkungan kampus. Karena dengan semakin luasnya relasi yang dimiliki, kamu bisa mendapat banyak teman yang mungkin saja sedang mencari seseorang dengan bakat terpendam seperti kamu.

So, gak ada lagi ya yang namanya menyerah karena salah jurusan. Justru kamu harusnya lebih banyak mendapat ilmu baik itu ilmu yang sesuai dengan passion dan ilmu yang kamu dapat di jenjang kuliah. Terus semangat ya!

Penulis: Lani Nuralita
Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s