Sulit Konsentrasi saat Belajar? 7 Tips Sederhana Ini Bisa Membantumu Mengatasinya

Males buat belajar? Gampang bosen kalau lagi ngerjain tugas? Atau justru suka ngerasa gak ada waktu buat ngerjainnya?

Sebagai seseorang yang masih menuntut ilmu, permasalahan seperti itu sering banget muncul. Dan itu malah bikin kita menyelesaikan tugas dengan hasil yang kurang maksimal. Terus gimana sih caranya biar hal kaya gitu gak terjadi lagi?

Nah, ini nih 7 tips belajar efektif yang bisa banget kita lakuin biar tugas yang dihasilkan jadi lebih maksimal

1. Belajar dalam kondisi yang bugar
Belajarlah dalam kondisi yang bugar. Saat baru bangun tidur, sehabis mandi.Belajar dalam kondisi yang bugar agar materi yang di pelajari dapat maksimal diterima. Jangan melakukan hal-hal yang melelahkan baik fisik maupun mental sebelum belajar agar tubuh kamu bugar dan optimal saat belajar.

2. Belajar dalam kondisi nyaman
Ciptakan suasana dan kondisi yang nyaman. Belajarlah di tempat yang nyaman dan hindari tempat yang bising karena bisa membuat kamu tidak fokus belajar. Jika tidak memungkinkan belajar dirumah, maka carilah tempat lain yang tenang dan nyaman seperti cafe, taman, atau perpustakaan.

3. Buat sesuatu yang menarik
Buatlah sesuatu hal yang menarik agar kamu lebih mudah menyerap materi. Meskipun materi yang dipelajari susah, namun apabila kamu membuat itu menarik maka akan lebih lebih mudah untuk dipelajari. Kamu bisa memberi warna yang berbeda pada kalimat atau paragraf agar lebih menarik.

Seperti hidup kita, meskipun susah hidup ini tapi kalau dibuat menarik pasti kita semangat kan.

4. Membagi waktu
Sangat penting untuk membagi waktu saat belajar agar lebih mudah menyerap materi. Dalam pola belajar ideal, belajar harus diselingi aktivitas lain. Beri waktu isirahat 15 sampai 30 menit setiap kali kamu belajar selama 45 sampai 60 menit. Hal ini terbukti efektif daripada belajar 2 jam secara berturut-turut.

5. Belajar secara berkelompok
Belajar secara berkelompok terbukti lebih efisien daripada belajar sendirian. Dengan berkelompok dapat saling bertukar pikiran, berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah secara bersama.

Hal yang harus kamu perhatikan, belajar secara berkelompok dengan orang yang tidak fokus dengan materi akan sia-sia. Biasakan juga untuk tidak bergantung pada satu orang dalam menjawab soal-soal saat belajar kelompok.

6. Makan cemilan saat belajar
Memakan cemilan asalkan tidak membuat kamu kenyang terbukti meningkatkan konsentrasi. Oleh karena itu, selalu sediakan makanan ringan saat belajar.

Jika konsentrasimu sudah mulai menurun, makanlah beberapa cemilan tersebut agar kamu menjadi lebih fresh dan konsentrasi untuk kembali belajar memahami materi.

7. Kenali tipe belajar kesukaanmu
Kenali tipe belajarmu, kalau kamu suka belajar dengan simbol, gambar dan visualisasi maka belajarlah yang melibatkan hal-hal visual yang akan membuatmu tertarik. Kalau kamu suka belajar dengan mendengarkan suara kamu bisa membaca sambil bersuara, atau sambil mendengarkan suara lain yang kamu sukai.

Dari ketujuh tips yang ada, udah pernah kalian lakuin belum? Kalau belum, selamat mencoba yaa!

Sumber: Hipwee.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s