5 Situasi yang Wajib Kamu Antisipasi Pasca Lulus Kuliah

Lulus kuliah dan wisuda adalah momen yang membahagiakan, terlepas dari apa yang akan terjadi setelah itu. Sebab, kewajiban dan janji dengan orangtua sudah tertunaikan. Namun, kamu perlu melakukan antisipasi beberapa potensi masalah yang muncul.

Nah, apa saja potensi masalah yang akan kamu hadapi setelah lulus kuliah? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Sulit mendapatkan pekerjaan yang sesuai
Lowongan pekerjaan tidak sulit dicari, justru sangat banyak. Hanya saja, apakah kamu pasti merasa cocok dengan pekerjaan tersebut? Tidak semudah itu.

Masalah pertama yang akan kamu hadapi adalah sulit menemukan pekerjaan yang cocok dengan kemampuan serta keinginanmu. Hal ini tidak akan terjadi jika sebelum lulus kamu sudah mempersiapkan skill tingkat tinggi sehingga tidak sulit menentukan pekerjaan yang sesuai.

2. Status sebagai pengangguran
Kamu akan menjadi pengangguran jika belum bekerja pasca lulus kuliah. Itu akan tergantung seberapa lama kamu mengemban status tersebut.

Itu sebabnya, betapa pentingnya mengasah skill sebanyak mungkin sebelum lulus kuliah. Kamu tidak perlu bingung menentukan pekerjaann setelah urusan kuliah selesai.

3. Kesulitan berpartisipasi di tengah masyarakat
Saat tidak lagi menyandang status sebagai mahasiswa, kamu akan dianggap sebagai anggota masyarakat seperti yang lainnya. Kamu akan sulit berpartisipasi dengan masyarakat jika terganggu dengan status dirimu yang belum mendapat pekerjaan.

Tentunya hal ini akan membuatmu tidak nyaman kan? Maka, persiapkan dirimu dari sekarang supaya tidak dipandang sebelah mata oleh tetangga-tetangga.

4. Tidak bisa menyesuaikan diri dengan perpolitikan yang ada di dunia karier
Dunia karier manapun memiliki politik yang harus kamu pahami. Hal itu tergantung dari kultur di setiap kantor. Memahami politik karier di tempat bersangkutan akan membantumu cara menyikapinya saat sudah bekerja. Kamu akan terdorong untuk mengasah kompetensi lebih konsisten agar tidak mudah tersingkir dari pekerjaan tersebut.

5. Terkikisnya idealisme yang pernah dimiliki saat masih berstatus sebagai mahasiswa
Idealisme seorang mahasiswa adalah ketegasan dan keberanian dalam menegakkan kebenaran dan hak-hak yang harus didapatkannya. Mahasiswa adalah simbol anti kecurangan dan korupsi. Namun, tidak bisa dipungkiri banyak hal yang tidak ideal akan mewarnai pekerjaan di lapangan. Jika kamu tidak memiliki keteguhan hati atau kekuatan diri, kamu akan mudah mengikuti arus seperti itu.

Nah, itulah beberapa situasi yang harus kamu antisipasi di fase pasca kampus. Terus tunjukkan kualitas dirimu sebelum lulus kuliah dan jangan berhenti belajar jika sudah lulus nantinya.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s