Menjadi Mahasiswa Produktif

Sangat disayangkan apabila 24 jam dalam sehari terlewatkan begitu saja dan tidak di manfaatkan secara maksimal. Maka dari itu, upayakan untuk selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat sehingga hidupmu produktif. Kerjakan sebanyak mungkin hal positif setiap harinya. Menjadi mahasiswa produktif akan membuat kehidupan kuliahmu makin bermakna.

Jaga kondisi diri sendiri maupun lingkungan sekitarmu agar irama aktivitas stabil. Untuk mempertahankan produktivitas beberapa tips dibawah ini bisa kamu terapkan.

1. Perbanyak baca buku
Salah satu yang membuat produktivitas adalah pikiran yang miskin informasi. Maka dari itu carilah informasi dari berbagai sumber. Melalui buku maupun dalam bentuk ebook yang bisa di unduh di internet. Buatlah semacam target jumlah buku yang harus selesai dalam waktu tertentu. Luangkan waktu setiap hari untuk membaca buku. Kamu membaca buku ketika sedang menunggu dosen, naik angkutan umum, maupun keadaan lainnya.

2. Hindari meremehkan diri sendiri
Berikutnya, untuk menjadi mahasiswa produktif kamu perlu memahami kemampuanmu. Terkadang kamu menilai dirimu tidak mampu untuk melakukan hal lebih, padahal sebenarnya kamu mampu. Terimalah kekurangan tersebut dengan ikhlas. Jangan menjadikan hal tersebut hambatan, namun jadikanlah cambuk untuk terus memperbaiki diri. Yakinlah kamu bisa melakukan sesuatu yang lebih, asalkan didampingi tekad yang kuat, usaha, kesabaran dan juga doa.

3. Membiasakan diri untuk hidup sehat
Dibutuhkan fisik yang prima untuk dapat beraktivitas dalam waktu yang lama. Jangan lupa untuk olahraga setiap hari. Meskipun kamu misalnya tidak punya cukup waktu untuk berolahraga, luangkan sedikit waktu untuk menggerakkan tubuh, jogging di pagi hari, maupun gerakan senam di dalam ruangan. Serta imbangi kebiasaan olahraga dengan mengkonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang.

4. Berinteraksi
Apa hubungan interaksi dengan menjadi mahasiswa produktif? Manusia membutuhkan interaksi dengan orang lain agar kondisi kejiwaannya stabil. Sehingga dengan kondisi tersebut, produktivitasnya akan terjaga. Luangkan waktu untuk ngobrol dengan orang lain, teman kos, tetangga, maupun dengan keluarga.

Bagaimana apabila kamu merupakan pendatang baru di tempat asing? Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk sekadar menelfon ataupun chatting. Ataupun kamu bisa berkenalan dengan orang baru. Tidak perlu memaksa untuk melakukan interaksi secara mendalam, obrolan ringan dan basa-basi sudah cukup baik untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasi.

5. Hindari multitasking
Nampak sekilas metode multitasking merupakan metode yang cepat dan praktis. Namun sebenarnya malah sebaliknya. Melakukan kegiatan multitasking membuatmu tidak fokus dengan pekerjaan yang kamu lakukan dan berpengaruh terhadap hasil dari pekerjaan tersebut. Selesaikan saja tugas kamu satu per satu. Dengan demikian, kualitas akan meningkat serta produktivitas akan terjaga.

6. Temukan passion
Rasa bosan akan menghambat produktivitasmu, untuk menghindari rasa bosan pilih aktivitas sesuai dengan passion kamu. Apa kegiatan yang kamu senangi yang membuat kamu terlarut kedalamnya dan sering lupa waktu? Jika telah menemukannya, mantapkan pada bidang tersebut niscaya tugas akan berjalan dengan lancar.

7. Sediakan waktu untuk beristirahat
Produktivitas akan menurun ketika tubuh merasa lelah. Setelah beraktivitas seharian, hentikan sejenak untuk beristirahat. Lakukan relaksasi hingga rasa letihmu pergi. Lebih baik lagi jika kamu istirahat setiap 90 menit. Menurut penelitian, konsentrasi manusia hanya bisa bertahan dalam jangka waktu tersebut. Selain itu, mata akan cepat lelah jika beraktivitas di depan layar komputer karena cenderung mengurangi kedipan. Biasakan untuk mengalihkan pandangan dari monitor komputer setiap 15 menit.

8. Hindari semua gangguan
Aktivitas akan lancar apabila kamu terhindar dari gangguan. Silent ponsel, atau kalau perlu matikan jika benar-benar tidak perlu. Apabila kamu beraktivitas didepan komputer yang terkoneksi internet, mengerjakan skripsi misalnya hindari membuka media sosial, hal tersebut akan membuatmu tidak fokus dan berakibat produktivitas menurun.

9. Tentukan deadline
Mantapkan niat kamu untuk menepati deadline yang telah ditentukan. Pikirkan hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk memenuhi deadline tersebut. Deadline dibuat untuk ditepati dan bukan untuk dlanggar.

Demikianlah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi mahasiswa produktif, sebaik-baiknya mahasiswa adalah mereka yang mampu memanfaatkan waktunya secara maksimal dan bermanfaat.

Sumber: Seputarkuliah.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s