3 kunci sukses ujian Skripsi atau KTA/KTI

Penyusunan skripsi dan KTA, yang merupakan salah satu syarat kelulusan, sangat melelahkan. Bahkan ujian skripsi dan KTA ini hampir serupa monster yang menakutkan. Karena jika gagal ujian skripsi/KTA, maka penelitian kita dianggap gagal. Jarang memang yang disuruh mengulang. Tapi sungguh sangat membuat kecewa jika skripsi kita gagal dan mendapat nilai buruk.

Namun demikian ada beberapa tips yang dapat kita lakukan agar kita berhasil melewati ujian skripsi dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Diantaranya akan saya sampaikan pada tulisan ini.

1. Lakukan penelitian dan telusur referensi secara mandiri.
Melakukan penelitian sendiri artinya, kita mengerjakan penulisan tersebut dengan fikiran dan tenaga kita sendiri. Mulai dari konsep penelitian , mengetik proposal atau usulan penelitian, mencari referensi sampai menyusun slide presentasi ujian skripsi. Demikian juga saat mencari referensi pendukung, menterjemahkan jurnal bahasa asing, sampai mengetik daftar referensi tersebut.

Hal-hal pokok tentang penyusunan skripsi dan penelusuran atau pencarian referensi harus dikerjakan sendiri. Sebab teori dan keilmuan yang kita baca dan kita kerjakan sendiri akan melekat kuat dalam ingatan dan pemahaman kita. Kita akan sangat menguasai apa yang kita baca dan kita praktekan sendiri dibanding hanya sekedar dibaca. Apalagi jika kita tidak mempraktekkan dan tidak membacanya langsung, kita tidak akan memiliki pemahaman yang cukup kuat untuk bekal ujian skripsi.

Mengapa pemahaman dan ingatan atas keilmuan dan praktek penelitian harus sedemikian kuat?
Karena jika tidak kuat pemahaman dan ingatannya, teman-teman akan mudah dijebak dengan pertanyaan-pertanyaan cerdas para penguji. Selain itu, teman-teman akan terlihat ragu dan tidak mantap. Hal ini dapat menjadikan penguji tidak yakin akan hasil penelitian yang telah dilakukan teman-teman.

Jika penguji sudah tidak yakin dengan hasil penelitian yang telah teman-teman lakukan, maka kemungkinannya sangat kecil untuk bisa dapat nilai bagus (B) atau sempurna (A).

Apakah segalanya harus dilakukan sendiri?
Tentu tidak. Ada beberapa hal yang bisa dikerjakan bersamaan. Misal, pada pengumpulan data/sampling yang lokasinya tersebar acak dan berjauhan, tentu harus meminta bantuan orang lain. Atau, kita butuh untuk pengujian sampel produk olahan daging misalnya, tentu kita butuh orang lain untuk menguji rasa dan penerimaan konsumen terhadap produk tersebut.

Pada saat mencari referensipun ada hal yang bisa dikerjakan bersama. Misalnya, anda sedang meneliti tentang kandungan bakteri pada daging ayam segar sedangkan teman anda sedang meneliti kandungan air pada daging ayam segar. 2 judul penelitian tersebut masih satu topik yaitu daging ayam. Maka tentu ada beberapa referensi yang sama. Jika demikian, maka tentu akan lebih baik jika dikerjakan bersama.

Tetapi, untuk pencatatan hasil penelitian dan pengukuran, pembuatan tabel dan grafik, dan sejenisnya. Harus tetap dilakukan sendiri.

2. Pahami alur dan isi dari skripsi.
Memahami alur dan isi dari skripsi yang teman-teman kerjakan menjadi kunci selanjutnya untuk bisa sukses ujian skripsi.

Alur skripsi artinya adalah urutan secara teratur mulai dari latar belakang mengapa masalah (yang akan dibahas pada skripsi) muncul, latar belakangnya bagaimana dan apa manfaatnya jika masalah itu telah berhasil diteliti atau diperoleh datanya. Selanjutnya, teman-teman juga mesti memahami bagaimana hasil penelitian-penelitian terdahulu, baik tentang objek yang sama atau yang berdekatan. Hal ini termasuk juga penjelasan singkat mengenai istilah dan objek pokok yang menjadi bahan penelitian teman-teman.

Alur selanjutnya yang harus dihafal dandimengerti adalah prosedur penelitiannya. Bahannya apa saja, dosis atau jumlahnya berapa, metode pengukuran dan pencatatan datanya bagaimana, sampai kepada metode dan rumus perhitungan yang akan digunakan. Jangan sampai salah atau tertukar.

Jika alur sudah dimengerti, maka kita akan mudah melaksanakan penelitian dengan step by step.
Setelah alur dapat difahami, hal selanjutnya yang harus difahami adlah isi dari skripsi.

Isi dari skripsi ini mencakup data hasil penelitian, hasil perhitungan atas data ynag telah dikumpulkan, pembahasan terhadap hasil penelitian tersebut sampai pada kesimpulannya. Isi skripsi harus difahami minimal kita mengerti mengerjakan apa, pembahasannya bagaimana dan hasilnya seperti apa.

3. Siapkan slide presentasi yang efektif dan tidak kampungan.
Jika 2 kunci sebelumnya sudah dikuasai, maka kunci ketiga ini jangan dianggap sepele. Sebab slide presentasi yang efektif akan menyampaikan pesan dengan mudah dan dapat difahami. Bagaimana caranya menyususn slide presentasi skripsi yang efektif yang tidak kampungan?

4 hal berikut ini mudah-mudahan bisa membantu.

  1. 1 slide 1 pesan. Jangan membuat slide anda adalah kumpulan pesan yang tampil sekaligus. Itu akan memusingkan penguji. Jika penguji sudah pusing dan malas duluan melihat tampilan slide teman-teman, bagaiman mereka akan menyimak penjelasan dengan antusias?!
  2. Gunakan kontras yang cukup. Artinya pilihlah kombinasi yang harmonis dan dapat dibaca dengan jelas antara huruf dengan backgroundnya. Misal, banckground hitam, biru tua atau hijau gelap, tulisannya putih atau kuning cerah. Itu cukup kontras. Contoh kombinasi yang tidak kontras misalnya, background pink, tulisan merah. Atau background biru tua tulisan hitam.
  3. Gunakan huruf standar presentasi bukan standar surat. Ukuran font minimal 14 pt. Itupun sudah agak sulit untuk dibaca. Idealnya mulai 18 pt sampai 36 pt. Apa lagi jika jarak antara layar presentasi dengan dosen penguji cukup jauh, jangan gunakan ukuran huruf yang 14 pt, apalagi lebih kecil. Itu hanya akan tampak seperti semut sedang berbaris. Menjengkelkan!
  4. Menggunakan template presentasi skripsi siap edit. Ini adalah solusi untuk mengatasi ketidak mampuan mendesain slide yang efektif sekaligus menghemat waktu pembuatan slide dengan sangat efisien. Selain itu, tampilannya sangat bagus dan tidak kampungan. Teman-teman akan sangat terbantu dengan adanya template presentasi skripsi ini. Silahkan teman-teman dapatkan di sini.

Itulah tiga kunci pokok untuk dapat sukses melewati ujian skripsi dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Salam perjuangan skripsi, semoga sukses dan silahkan tulisan ini dibagikan supaya teman-teman anda juga sukses ujian skripsinya.

Sumber: Infomahasiswa.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s