3 Pertimbangan Utama Memilih Jurusan Kuliah

Memilih jurusan adalah suatu yang sangat penting bagi para lulusan kelas XII atau calon mahasiswa baru. Sebab memilih jurusan sangat menentukan kehidupan ketika kuliah bahkan setelah lulus kuliah nantinya.

Jika tepat memilih jurusan, maka insyaAllah, kita akan senang dan bersemangat menjalani perkuliahan. Setelah luluspun akan senang dan sukses. Namun sebaliknya, jika kita salah memilih jurusan, maka kita akan merasa tidak nyaman selama kuliah, bahkan setelah lulus kuliahpun kita akan semakin sulit dan jauh dari sukses.

Namun demikian, nasib tiap orang berbeda-beda. Kesuksesan dalam kuliah dan setelah kuliah ataupun menjalankan pekerjaan, tidak semata-mata karena jurusan yang dipilihnya saja. Masih banyak faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan seseorang ketika kuliah dan setelah kuliah.

Berikut ini akan kami paparkan beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah agar sukses menjadi mahasiswa sukses.

1. Passion
Pertimbangan pertama dalam memilih jurusan adalah passion kita dimana? Passion itu apa ya? Passion itu gampangannya, adalah kondisi dimana kita akan hanyut dalam aktifitas yang dilakukan, menjadi lupa waktu atau mungkin lupa makan kalau sudah menekuni bidang tersebut.

Dengan kata lain, Passion merupakan emosi ataupun hasrat yang sangat kuat serta penuh antusiasme. Passion ini merupakan motivator yang cukup bagus dan dapat kita gunakan untuk mencapai kesuksesan. Sebab, passion dapat dikatakan sebagai gabungan dari minat, bakat serta kekuatan.

Itu namanya passion.

Contoh, anda sangat menyukai jualan es kaliling kampung sampe maghrib, padahal tanpa jualan es pun anda sudah biasa hidup cukup. Itu menunjukkan passion anda ya jualan.

Atau anda suka mengotak-atik komputer, bongkar pasang CPU, RAM, monitor dan sejenisnya. Tidak kapok walau kesetrum berkali-kali atau membuat komponennya terbakar berkali-kali. Itu menandakan anda punya passion di bidang hardware komputer.

Atau anda suka sekali memelihara dan mengamati perkembangan hewan ternak, mulai dari ayam, kambing ataupun ternak-ternak lain di sekitar rumah anda. Berarti anda punya passion di bidang peternakan.

Gampang bukan?

Pertimbangan memilih jurusan berdasarkan passion dimaksudkan agar kita enjoy menjalani perkuliahan. Jika kita enjoy menjalani perkuliahan maka hasil yang diperoleh akan sangat baik.

2. Market Demand
Pertimbangan memilih jurusan selanjutnya adalah market demand. Market demand artinya permintaan pasar. Maksudnya adalah, lulusan dari jurusan apa atau skill apa yang paling banyak diminta (dibutuhkan) oleh dunia kerja dan dunia usaha sekarang ini?

Hal ini penting untuk menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan, sebab setelah kita lulus, tentu selanjutnya adalah masuk ke dunia kerja atau dunia usaha. Jika ternyata skill dan pengetahuan yang kita miliki tidak ada atau sangat sedikit sekali ‘permintaan pasarnya’, maka tentu kita akan sangat kesulitan masuk dunia kerja atau dunia usaha. Kecuali memang kita berniat sejak awal kuliah untuk bekerja apa sja, tanpa tergantung kepada ijazah. Itu lain perkara.

Mengetahui market demand, memang bukan perkara mudah. Butuh kejelian dan cara tertentu agar dapat memetakan seperti apa market deman 5 atau 10 tahun yang akan datang. Agar kita mendapat gambaran bagaimana melihat market demand, dapat ditelusuri dalam tulisan ini.

3. Cost
Pertimbangan dalam memilih jurusan selanjutnya adalah cost atau biaya. Cost atau biaya merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangan karena biaya kuliah sangat berbeda dan umumnya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan biaya sekolah.

Biaya di sini tidak hanya biaya kuliah saja seperti SPP, biaya praktikum, biaya SKS, sumbangan institusi dan sejenisnya. Namun termasuk pula biaya hidup dan penunjangnya seperti biaya kost, makan, transportasi dan sejenisnya. Hal ini penting untuk dipertimbangkan sebab tiap kota memiliki standar harga yang berbeda.

Untuk memperkirakan seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan, ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu ke kota dan kampus yang dituju. Jika tidak bisa, kita dapat bertanya kepada para senior atau kakak tingkat yang sudah tinggal di sana. Dengan demikian, kita memiliki gambaran bagaimana biaya hidup setelah kuliah nanti.

Demikian beberapa pertimbangan yang dapat dilakukan untuk memilih jurusan. Jadi jangan sampai memilih jurusan karena melihat guru sekolah kita, profesi bapak kita atau karena alasan yang penting kuliah.

Sumber: Infomahasiswa.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s