Yuk Kenali 6 Organisasi di Kampus Sebelum Kamu Jadi Mahasiswa Baru

Organisasi kemahasiswaan itu wajib sekali diketahui semua calon mahasiswa. Keenam organisasi kemahasiswaan ini berfungsi untuk mengembangkan bakat-bakat mahasiswa yang tidak didapatkan di dalam kelas perkuliahan. Selain itu, kegiatan mahasiswa ini bisa menjadi penghubung antara mahasiswa dan pihak universitas maupun fakultas.

Mau tahu apa saja ke 6 organisasi kemahasiswaan itu? Yuk, baca artikel ini!

1. Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPMU)
Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas atau DPMU adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang merupakan perwakilan tertinggi mahasiswa pada tingkat universitas. DPMU mempunya 4 fungsi yaitu: fungsi legislasi, fungsi pengawasan, fungsi anggaran dan fungsi advokasi.

Contoh kinerja dari DPMU adalah menciptakan undang-undang untuk urusan kemahasiswaan, menjadi jembatan antara Mahasiswa dengan pihak pengelola universitas, mengawasi dan mengevaluasi kinerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa.

2. Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEMU)
BEMU atau BEM tingkat universitas berperan penting dalam mengoptimalisasi program pengembangan mahasiswa yang dilakukan universitas dan BEMU sebagai mitranya. BEMU mempunyai 4 fungsi yaitu fungsi aspiratif, fungsi advokasi, fungsi koordinasi dan fungsi katalisator, inisiator dan fasilitator.

BEMU sangat membantu mahasiswa yang mempunyai kendala biaya uang kuliah dan bukan hanya itu BEMU juga menjadi wadah dari aspirasi mahasiswa-mahasiswa yang kurang dalam bersosialisasi.

3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Unit kegiatan Mahasiswa atau UKM adalah partner dari Badan Eksekutif Mahasiswa dan Dewan Perwakilan Mahasiswa untuk mengembangkan bakat-bakat mahasiswa. Di dalam UKM, mahasiswa diberikan kegiatan-kegiatan penggalian bakat seperti olahraga, musik, seni dan lain-lain.

4. Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF)
Karena dirasa lebih efektif jika maka di setiap fakultas membuat organisasi kemahasiswaan untuk mengatur seluruh kebutuhan mahasiswa tiap fakultas, antara lain DPMF, BEMF dan Himpunan Mahasiswa Jurusan.

Sama halnya dengan DPMU. DPMF juga menjadi perwakilan tertinggi mahasiswa tetapi dalam lingkup fakultas. Contoh kinerjanya adalah membuat undang-undang dalam urusan kemahasiswaaan fakultas, mengawasi dan mengevaluasi kinerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas dan lain-lain.

5. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)
BEMF adalah partner dari pihak fakultas dalam mengoptimalisasikan program pengembangan mahasiswa. Sama dengan BEMU, BEMF juga berfungsi untuk menjadi wadah semua aspirasi-aspirasi mahasiswa dan juga menjadi solusi bagi mahasiswa yang mempunyai kendala dalam hal pembayaran uang kuliah.

6. Himpunan Mahasiswa Jurusan
Himpunan Mahasiswa Jurusan berada di bawah koordinasi BEMF dan DPMF. HMJ merupakan media bagi mahasiswa untuk mengembangkan pola pikir, potensi dan pengetahuan. HMJ juga menjadi tempat untuk mahasiswa menerapkan pengetahuan yang telah didapatkannya di perkuliahan ke dalam masyarakat dan juga menjadi solusi bagi mahasiswa yang mempunyai permasalah pada kuliahnya.

Sekarang sudah paham kan tentang 6 organisasi kemahasiswaan? Semoga bermanfaat ya!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s