Kuasai 7 Kompetensi ini untuk Jadi Fresh Graduate Hebat

Mungkin salah satu mimpi mahasiswa setelah lulus kuliah adalah kerja di perusahaan multinasional, mendapatkan posisi baik, gaji menarik, dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja.
Sayangnya kondisi ini tidak diikuti dengan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa akan hal-hal yang diperlukan untuk meraih mimpi karirnya. Langkah pertama untuk sukses di dunia kerja adalah memahami kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai dengan baik.

Berikut Careernews paparkan tujuh kompetensi yang harus kamu miliki untuk menjadi fresh graduate hebat, dikutip dari buku “How To Become a Great Freshgraduate: 66 Saran Ahli untuk Memasuki Dunia Kerja Profesional” karya Ardiningtiyas Pitaloka dan Andin Andiyasari. Coba kuasai sehingga kamu bisa bersaing mengalahkan pelamar lain dan meraih mimpi-mimpimu setelah lulus kuliah.

1. Perencanaan dan organisasi: atur waktu dengan baik
Ini adalah kemampuan untuk menetapkan rencana tindakan bagi diri sendiri maupun orang lain dengan mengatur arah tindakan dan mendayagunakan sumber daya yang tersedia. Seorang fresh graduate harus mampu mengatur waktu untuk diri sendiri dengan baik, termasuk juga sudah mulai belajar mengelola prioritas. Langkah-langkah yang harus kamu tempuh untuk memiliki kompetensi ini, meliputi manajemen waktu, penentuan skala prioritas, dan produktivitas.

2. Inisiatif: berani berbuat lebih
Inisiatif berarti bertindak lebih dari yang dituntut pekerjaan atau lingkungan dan aktif berupaya meningkatkan hasil kerja. Membangun tanggung jawab atas pekerjaan hingga memanfaatkan imajinasi perlu dibangun seorang fresh graduate untuk bisa memberikan hasil kerja yang unggul. Jangan ragu untuk ambil tanggung jawab dalam menjalankan proyek baru, jadilah bagian dari solusi, dan temukan peluang.

3. Komitmen: seimbangkan hidup
Komitmen adalah keinginan dan kesanggupan untuk menyelaraskan kebutuhan pribadi dengan prioritas, target, dan kebutuhan organisasi. Belajar menyeimbangkan tuntutan personal dan profesional bagi seorang fresh graduate harus dibangun dari awal karir. Kembangkan rasa memiliki terhadap pekerjaan dan organisasi dan lakukan yang terbaik. Namun, jangan lupa juga untuk menjalani hidup secara seimbang, antara kehidupan personal dan profesional.

4. Kerja tim: makin banyak kolaborasi, makin luas wawasan
Tak kalah penting, bekerja samalah dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama, bangga menjadi bagian dari tim dengan menunjukkan kinerja yang sama efektifnya, baik sebagai individual maupun bagian dari tim. Bekerja sama tidak sekadar berada dalam satu tim tetapi juga menyadari peran yang harus dijalankan dan dilakukan dengan sebaik mungkin oleh seorang fresh graduate. Pahami peran dan tugas yang kamu kerjakan, lakukan kolaborasi dengan berbagai kelompok atau individu. Semakin banyak berkolaborasi, ilmu dan wawasanmu akan makin berkembang.

5. Fleksibel: terbuka dengan perubahan
Bersiaplah beradaptasi guna menghadapi perubahan situasi dengan pendekatan-pendekatan yang berbeda dan siap mengantisipasi kondisi yang terjadi untuk dapat mencapai tujuan. Sebagai fresh graduate, jangan hanya fokus menyelesaikan tugas semata. Cobalah untuk terbuka dengan hal-hal baru dan terimalah tantangan untuk tugas yang lebih besar. Terbukalah dengan perubahan, tambah keterampilan baru, dan bersikaplah proaktif dalam menghadapi berbagai situasi.

6. Komunikasi efektif: buat lawan bicara paham
Kemampuan mendengarkan secara aktif, mengekspresikan ide atau gagasan, dan memudahkan lawan bicara untuk menangkap inti pembicaraan, baik secara lisan maupun tulisan adalah inti dari komunikasi efektif. Sebagai fresh graduate, belajar untuk menjadi pendengar yang baik akan membuka banyak peluang untuk maju.

7. Membangun relasi: jalin hubungan jangka panjang
Membangun relasi terkait dengan kemampuan membangun dan mengembangkan hubungan dengan individu lain secara hangat dan bersifat jangka panjang, termasuk juga mengelola jaringan untuk mencapai tujuan kerja. Jaringan yang baik merupakan pintu masuk untuk mengembangkan karir di masa depan. Selalu bangun sikap dan personal branding yang positif, hargai tindakan baik orang lain, dan jangan segan melakukan kebaikan untuk orang lain.

Meski fresh graduate, kamu juga punya kesempatan yang sama untuk maju dan berkembang lebih cepat. Ayo bangun dirimu menjadi pribadi yang kompeten tanpa harus menunggu lulus kuliah. Semangat!

Sumber : Careernews.id

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s