5 Hal Fatal yang Mungkin Bakal Terjadi Ketika Kamu Salah Jurusan

Saat dinyatakan lolos sebagai mahasiswa baru adalah momen berkesan dalam hidup kita. Terbayang, betapa kerennya kita memasuki komplek kampus tanpa harus menggunakan seragam seperti di sekolah menengah. Meskipun demikian, jangan sampai kamu salah dalam memilih jurusan. Sebab, kamu akan menghabiskan waktu bersama perkuliahan minimal 4 tahun. Masa yang cukup lama jika kamu tidak bersungguh-sungguh belajar.

Nah, apa saja dampak yang kamu rasakan jika salah dalam memilih jurusan? Yuk, simak!

1. Sulit berprestasi
Sebagian besar mahasiswa yang salah jurusan sulit berprestasi di bidang yang menjadi jurusan kuliahnya. Kalaupun dia berprestasi, kebanyakan memiliki pencapaian di bidang yang lain. Seseorang bisa berprestasi jika ia menikmati dan menekuni aktivitasnya dengan senang hati. Salah jurusan membuat mahasiswa kurang meminati perkuliahannya yang menyebabkan dia tidak bisa menonjol.

2. Merasa jenuh
Rasa jenuh bisa menghinggapi para mahasiswa yang salah jurusan. Hal itu disebabkan jurusan yang dimasukinya tidak sesuai dengan keinginan atau kemampuan dirinya.

3. Sulit menyelesaikan kuliah hingga tuntas
Setelah rasa jenuh yang mendera bertahun-tahun, akan muncul keinginan untuk mengabaikan perkuliahan. Akan hilang semangat untuk menyelesaikan studi sampai akhir.

4. Tidak percaya diri dan malas kuliah
Salah jurusan juga bisa mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang. Saat ia merasakan peluangnya tertutup untuk berprestasi dan berkembang, rasa percaya dirinya bisa menurun. Tentunya, ini berefek buruk bagi mentalnya. Akibatnya, ia tidak mau berhadapan dengan kenyataan, menghindari perkuliahan, bolos masuk kelas dan menjauh dari teman-teman sekelas.

5. Mencari tempat pelarian lain yang bikin kamu gak produktif
Salah jurusan juga dapat menimbulkan potensi seseorang memilih aktivitas yang tidak produktif dalam hari-harinya. Bisa saja ia lebih memilih menghabiskan waktu dengan menonton drama berjam-jam, main game, atau kerja serabutan. Ia menggunakan waktunya tanpa perhitungan. Terpenting, ia merasakan kepuasan karena lepas dari tanggungjawabnya sebagai mahasiswa.

Nah, itulah kemungkinan terburuk yang bisa menimpa mahasiswa yang salah jurusan. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah berhati-hati dalam memilih jurusan. Pilihlah sesuai dengan kemampuan serta keinginan dari lubuk hatimu. Tapi, jika sudah terlanjur salah jurusan, kemungkinan buruk itu bisa diantisipasi dengan mengecek potensi diri. Selanjutnya, piliha aktivitas yang mampu menunjang perkembangan potensi dalam dirimu di luar kampus.

Selamat mencoba!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s