Buat Mahasiswa Tingkat Akhir, Coba Terapkan 5 Tips Sukses Magang Ini

Menjadi mahasiswa tingkat akhir pasti tidak akan asing lagi dengan namanya magang kerja. Magang kerja sendiri merupakan kegiatan yang cukup seru dan memberikan tantangan yang tidak biasa kepada setiap mahasiswa tingkat akhir. Makanya cukup banyak sekali mahasiswa yang tidak sabar dengan momen di mana mereka akan magang.

Sebelum kamu menetukan tempat atau perusahaan mana yang akan menjadi tempat magang. Seharusnya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa tips di bawah ini agar proses magangmu bisa terlaksana secara sukses. Kira-kira apa saja tipsnya? Yuk disimak!

1. Ketahui dahulu seputar perusahaan yang akan menjadi tujuanmu
Hal pertama yang wajib banget dilakukan adalah mencari tahu seputar perusahaan tersebut. Setiap perusahaan mempunyai budaya dan tata cara kerja yang berbeda-beda. Makanya sebelum menentukan perusahaan yang akan dijadikan tempat magang kamu harus mencari tahu terlebih dahulu seputar perusahaan tersebut.

2. Menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan
Setelah kamu menentukan perusahaan mana yang pas dan cocok barulah kamu belajar untuk menyesuaikan diri dengan budaya dan tata cara kerja di perusahaan tersebut. Misalnya dari mulai pakaian yang dipakai, apakah harus menggunakan pakaian yang formal atau biasa-biasa saja.

Hal ini cukup penting karena akan mempengaruhi penilaian orang-orang di tempat kerja tersebut khususnya pimpinan perusahaan.

3. Disiplin dan selalu menjaga etika harus selalu dipertahankan
Selain dari pembiasaan cara kerja di tempat magang kamu juga harus selalu menjaga sikap disiplin dan sopan santun selama kamu menjadi mahasiswa magang. Karena etika dan disiplin adalah kunci dari semua hal, maka dari itu kamu harus sebisa mungkin untuk datang tepat waktu dan mengerjakan tugas selesai pada waktunya.

Ingat guys, meskipun kamu bukan karyawan. Tetapi kamu juga harus sungguh-sungguh saat magang.

4. Jangan pernah malu untuk meminta saran dan arahan
“Malu bertanya sesat di jalan” mungkin itulah kata-kata yang tepat agar kamu tidak malu dan sungkan untuk bertanya kepada para karyawan yang sudah lebih berpengalaman. Cobalah untuk bertanya jika ada tugas atau ada hal yang sulit kamu pecahkan atau kamu juga bisa meminta pendapat kepada beberapa karyawan seputar pekerjaanmu.

Meskipun hal ini cukup dianjurkan, kamu juga harus tahu waktu guys. Misalnya di saat mereka sedang sibuk dengan segudang pekerjaan usahakan untuk tidak bertanya terlebih dahulu.

5. Buktikan bahwa kamu layak untuk diperjuangkan
Lakukanlah kewajibanmu dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu kamu bisa membuktikan kepada atasan bahwa kamu patut untuk diperhitungkan sebagai mahasiswa magang yang cukup baik. Syukur-syukur setelah lulus kuliah nanti kamu bisa langsung bekerja di tempat magang sekarang.

Itu dia 5 tips yang harus diperhatikan saat magang kerja.

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s