Ketahui 3 Cara Ini Untuk Mengatasi Rasa Malas

Malas adalah kondisi dimana seseorang tidak memiliki semangat untuk menjalankan sesuatu. Jika dibiarkan, penyakit malas dapat menggagalkan pencapaian seseorang hingga menghancurkan masa depan yang sebenarnya sangat cerah. Karena, tidak ada masa depan yang suram, yang ada hanyalah penghambat-penghambat yang menyebabkan masa depan menjadi suram. Karenanya rasa malas itu harus dihilangkan. Tetapi, kesulitan yang banyak ditemukan adalah bagaimana cara untuk menghilangkan atau mengatasi rasa malas itu?

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi rasa malas. Hanya saja belum tentu cara-cara tersebut dapat berhasil melenyapkan rasa malas, karena penyebab rasa malas itu sendiri berbeda-beda. Ibarat sebuah penyakit, tentunya untuk mengobatinya kamu perlu mengetahui penyebabnya sehingga cara penyembuhannya dapat diketahui. Pada umumnya ada 3 penyebab umum yang menyebabkan timbulknya rasa malas dalam diri, yaitu: 1) Mempunyai pikiran negatif; 2) Tidak yakin; dan 3) Tidak ada semangat. Jadi, solusi yang memungkinkan adalah:

1. Selalu optimis
Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa penyebab pertama yang menyebabkan timbul rasa malas adalah mempunyai pikiran negatif. Tanamkan kebiasan optimis dengan cara mendisiplinkan diri untuk hanya memikirkan dan membicarakan apa yang ingin dicapai. Dengan terus-menerus memikirkan aksi-aksi apa saja yang dapat segera dilakukan agar semua target penting dapat tercapai.
Semakin sibuk kamu mengejar semua target dan harapan kamu, semakin cepat kamu bergerak maju, sehingga semakin banyak yang dapat kamu selesaikan dan akhirnya semakin bahagia yang akan kamu rasakan. Perasaan positif bertindak sebagai reward atau imbalan yang memotivasi kamu agar terus memikirkan dan melakukan aksi yang menggerakkan kamu untuk maju semakin cepat, ke arah semua pencapaian mimpi, target, dan harapan. Selain itu, dengan berolahraga akan selalu menghindarkan kamu dari pikiran-pikiran yang negatif.

2. Merenungkan tujuan dan menumbuhkan keyakinan pasti bisa mencapainya
Dengan mencatat dan merenungkan apa yang menjadi tujuan kamu, maka kamu akan selalu merasa tertantang untuk mencapainya. Tetapi kamu juga perlu menanamkan keyakinan bahwa kamu pasti dapat menyelesaikan tugas dan mencapau tujuan tersebut. Karena meskipun kamu menuliskan daftar tujuan yang ingin dicapai tetapi tidak memiliki keyakinan untuk melakukannya, maka apa yang kamu lakukan ini akan sia-sia. Caranya adalah dengan menuliskannya dan mengatakan pada hati bahwa kamu pasti bisa melakukannya.

3. Menemukan penyemangat
Semangat berasal dari motivasi. Jadi, kamu perlu menemukan motivasi untuk menghilangkan rasa malas. Cobalah untuk menanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu sedang benar-benar mengejar targetmu? Lakukan self talk yang positif. Self talk tidak selalu dapat dilakukan sendiri, kamu dapat memilih orang lain, keluarga atau teman, yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk menumpahkan permasalahan yang menyebabkan kamu sulit melakukan sesuatu. Atau kamu dapat memiliki keduanya.

Sumber : Seputarmahasiswa.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s