Membentuk Kelompok Belajar yang Efektif

Kelompok belajar, mungkin ketika pertama kali Anda membaca judul diatas satu hal yang muncul di kepala Anda “Kuliah masih butuh kelompok belajar?” eitsss jangan salah, ketika Anda memasuki dunia perkuliahan Anda masih membutuhkan yang namanya kelompok belajar untuk membantu Anda dalam memahami mata kuliah dan membantu Anda dalam mengerjakan tugas kuliah.

Tidak semua kelompok efektif, ada yang membentuk kelompok belajar, namun ketika agenda belajar bareng atau mengerjakan tugas bareng yang terjadi hanyalah ngobrol, gosip dan melakukan hal-hal yang membuang waktu Anda. Untuk menghindari hal-hal tersebut kami telah merangkum beberapa cara agar kelompok belajar Anda efektif.

Pertama, pilihlah orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama dalam pembentukan kelompok belajar Anda. Visi dan misi yang sama memudahkan satu sama lain untuk saling mengingatkan untuk tetap berjalan di tujuan utama. Kedua pilihlah ketua kelompok belajar, dalam memilih orang, pilihlah dia yang tegas dan memiliki pendirian yang kuat sehingga ketika ada salah satu anggota yang malas belajar si ketua ini yang akan mengingatkan dan memberi semangat. Kemudian, cari lah tempat sebagai base camp tempat Anda belajar bersama kelompok belajar Anda. Usahakan tempat ini aman, nyaman dan tenang. Atur jadwal belajar tetap yang menyesuaikan agenda dari para anggota, sehingga tidak bertabrakan satu dengan yang lainnya. Terapkan sistem reward and punishment sebagai pemacu semangat belajar. Terakhir, tulis setiao target yang ingin Anda dan kelompok belajar Anda ingin capai di ruangan yang menjadi base camp, hal tersebut menjadi pengingat.

Kelompok belajar ini sangat bermanfaat bagi Anda, disini Anda bisa saling mengkoreksi satu sama lain. Selain sebagai wadah belajar dan mengerjakan tugas, kelompok belajar ini dapat menjadi tempat untuk bertukar pendapat dan pikiran.

Sumber : Seputarmahasiswa.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s