Tips Membagi Waktu Antara Kuliah dan Kegiatan Organisasi

Selain masalah pembelajaran, kuliah juga berkaitan dengan kehidupan berorganisasi. Sebagian mahasiswa menganggap bahwa ikut dalam suatu organisasi hanya akan menyita waktu dan tenaga. Ada juga yang terlalu aktif berorganisasi sampai-sampai lupa akan kewajibannya sebagai seorang mahasiswa. Berorganisasi dan belajar memang seperti dua sisi keping mata uang. Berbeda tapi berhubungan dan akan saling mendukung.

Agar tak tersesat kedalam susahnya membagi jadwal kuliah dan kegiatan organisasi di kampus, mari kita baca dan pahami tips-tips dibawah ini :

1. Atur Jadwal Kuliah
Banyaknya waktu yang berbenturan antara kuliah dan kegiatan organisasi membuat mahasiswa anggota organisasi kampus menjadi pusing dalam membagi waktu. Hal ini terjadi sebab adanya “godaan” ketika mulai menjelang duduk di bangku kuliah. Padahal biasanya masa-masa awal perkuliahan biasanya dibebani dengan SKS yang cukup padat.

Ada baiknya kita mengecek dahulu bobot SKS sebelum menetapkan untuk bergabung dengan suatu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau sebuah organisasi. Dari sini kita dapat menetapkan apakah jadwal aktivitas organisasi akan berbenturan dengan jadwal kuliah atau tidak.

2. Seimbangkan Proporsi Waktu
Pembagian waktu adalah kunci penting untuk menyeimbangkan waktu kuliah dan berorganisasi. Berat sebelah dalam sebuah kegiatan pasti ada. Tapi usahakan jangan terus-terusan seperti itu, kalau tidak kuliah akan tambah kacau.

Saat ada jadwal yang berbenturan, kita memang mesti memilih salah satu yang paling penting dan mendesak. Untuk mengantisipasinya, tentu saja kita mesti melihat dulu bobot SKS kuliah sebelum mengambil sebuah project di dalam organisasi yang diikuti.

3. Buat Target dan Rencana Pencapaian yang Realistis
Buat daftar mengenai target apa saja yang harus dan dapat dicapai. Buat prioritas pekerjaan dan fokuskan pikiran untuk mengatasi masalah satu persatu. Jadwal pencapaian target untuk kuliah juga perlu dibuat, semisal waktu untuk mengerjakan tugas atau belajar.

Banyak mahasiswa yang belajari waktu subuh. Ini adalah salah satu taktik untuk mencapai nilai yang maksimal untuk pendidikan akademiknya. Waktu subuh dirasa efektif sebab minimnya gangguan pada waktu ini.

4. Menaati Jadwal yang Telah Dibuat
Apabila Jadwal dan rencana sudah dibuat, maka anda haurs menaati apa yang telah dirancang. Walaupun terasa berat di awal, dengan keyakinan dan kedisiplinan tentu jadwal ini akan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Jabatan Dalam Organisasi
Carilah posisi dalam organisasi yang tugasnya tak terlalu berat menurut anda dan pastinya yang sesuai dengan bidang yang anda ikuti. Jangan mengambil tugas yang berat atau kurang anda kuasai, apabila anda akhirnya tidak bisa memenuhi kewajiban anda dalam tugas tersebut dan akhirnya malah akan membebani anggota lain dalam organisasi tersebut.

6. Komunikasi
Biasakan bersikap dan berkomunikasi dengan berani dan tegas dalam membuat atau mengambil keputusan, cepat ambil tindakan dan berani mengungkapkan pandangan-pandangan baru. Semisal, seminggu lagi anda akan menghadapi ujian semester, namun anda juga mempunyai kegiatan yang sepertinya mendesak dalam organisasi yang anda ikuti. Dalam keadaan ini anda mesti berani mengatakan tidak, namun tentunya dengan cara sopan dan hormati orang lain. Ujian semester jelas lebih penting daripada kegiatan organisasi, prioritas anda dalam dunia perkuliahan yaitu menuntut ilmu setinggi mungkin.

Sumber : Seputarmahasiswa.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s