Tips Mahasiswa Sukses

Sukses dan tidaknya seorang mahasiswa dalam dunia perkuliahan, biasanya hanya diukur dari sisi akademik dengan cara melihat jumlah IPK yang berhasil diraihnya. Namun, apa saja sih yang harus dipersiapkan oleh seorang mahasiswa untuk dapat meraih kesuksesan di usia muda?
Di bawah ini merupakan beberapa tips untuk menjadi mahasiswa sukses :

  • Selalu Memperhatikan Dosen

Kebiasaan buruk mahasiswa salah satunya adalah malas bahkan tertidur saat mendengarkan penjelasan dari dosen. Padahal saat dosen menjelasan materi ini sangat bermanfaat agar bisa mengasah kepekaan dan daya tangkapmu menerima ilmu dan informasi. Untuk itu, agar impianmu menjadi mahasiswa sukses dapat terwujud maka mulailah menata diri, siapkan alat tulis sebelum jam kuliah dimulai dan mulailah membuat catatan ringkas tentang apa yang kamu dapatkan.

Tips ini dapat membantu kamu agar tidak belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS)karena sudah memahami bab demi bab pembahasan materi kuliahmu. Selain itu, tips yang pertama ini juga dapat melatih kamu agar siap bekerja karena sudah terbiasa mendengar instruksi dari atasan yang dapat membantu pekerjaanmu.

  • Menjadi mahasiswa yang aktif di kelas

Dengan menjawab setiap pertanyaan dan mengajukan berbagai pertanyaan terhadap dosen itu sudah menunjukkan partisipasi aktif seorang mahasiswa. Karena bertanya merupakan kunci untuk membuka pintu ilmu pengetahuan. Sebuah kelas yang tidak ada tanya jawab akan menimbulkan kejenuhan, suasana kelas terasa monoton, dan dosen pun juga tidak bersemangat untuk menyampaikan hal-hal baru. Yang lebih parah lagi, akan sulit bagi dosen untuk mengetahui seberapa jauhkah pelajaran yang telah diajari diserap oleh peserta didik.

Apalagi jika kamu seorang mahasiswa elektro atau IT, ketika dalam praktek ditemukan berbagai kendala dan masalah yang sulit kamu selesaikan maka aktif bertanya adalah langkah terbaik. Kunci mahasiswa sukses yang kedua ini sangat tepat jika kamu ingin menjadi andalan dosenmu maka jadilah mahasiswa yang aktif yang selalu ditunjuk untuk menjawab pertanyaan begitu tak ada yang bisa menjawab atau untuk lebih mengeksplor pengetahuanmu.

  • Mempunyai Banyak Teman

Hal yang tak kalah penting untuk menjadi mahasiswa sukses adalah memiliki banyak teman. Dengan luasnya jaringan pertemananmu maka hidupmu akan menjadi lebih mudah. Mengapa demikian? Karena dengan banyak teman kamu akan lebih mudah menyelesaikan tugas kuliahmu dan dapat menemukan hal-hal baru yang belum pernah kamu temui. Teman atau relasi ini adalah faktor penting dalam meraih kesuksesanmu dimasa mendatang.

Mereka bisa memberikan referensi dimana kita akan melamar pekerjaan. Berdasarkan tradisi beberapa perusahaan, referensi dari pegawai yang sudah bekerja di perusahaan itu akan lebih dipertimbangkan. Maka dari itu, janganlah suka pilih-pilih teman, cobalah bersahabat dengan siapa saja. Semakin luas koneksimu, ini juga modal meraih kesuksesanmu di masa mendatang.

  • Aktif dalam Organisasi Kampus

Aktif di organisasi adalah salah satu hal wajib dilakukan oleh mahasiswa sukses. Karena, dengan mengikut organisasi, kamu akan memiliki nilai tambah dibandingkan dengan mahasiswa yang cenderung pasif.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan aktif berorganisasi, seperti contohnya dapat mengasah softskill, memperluas jaringan, melatih memecahkan masalah, dapat belajar kepemimpinan, membentuk karakter pribadimu, dapat membuatmu belajar mengelola waktu dengan baik, membuatmu lebih peduli terhadap lingkungan dan bisa menambah nilai CV mu. Keuntungan lainnya saat mengikuti organisasi adalah kamu akan dikenal banyak orang sebagai ‘aktivis kampus’ dan tentunya akan mendapat banyak teman.

  • Gunakan Fasilitas Kampus

Fasilitas kampus seperti perpustakaan memang sangat efektif jika dimanfaatkan dengan baik. Dengan membaca buku merupakan salah satu hal wajib bagi mahasiswa sukses. Membaca berarti membuka jendela informasi yang dapat menghubungkan kita dengan dunia. Efek positif lain dari banyak membaca adalah kamu akan nyambung dengan siapa saja saat mengobrol dengan orang lain.

Fasilitas lain yang dapat kamu manfaatkan adalah “wifi area”. Dengan adanya area ini sangat mudah mencari informasi dengan hitungan detik, informasi yang kita cari akan kita dapatkan. Hal ini penting untuk menjadi mahasiswa sukses sebagai ajang mencari informasi dan sharing ilmu bagi mahasiswa maupun dosen yang ingin mengungkapkan ide atau gagasan lewat berbagai website atau blog.

Inilah beberapa tips menjadi mahasiswa sukses semoga bermanfaat dan tentunya juga harus di imbangi usaha dan berdoa. Selamat berjuang!

Sumber : Seputarmahasiswa.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s