Jangan Jadi ‘Kupu-Kupu’, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru

Memiliki masa tempuh pendidikan 3-4 tahun, rasanya sangat disayangkan kalau kamu hanya jadi mahasiswa ‘kupu-kupu’ (kuliah-pulang) saat di kampus. Tentunya ada banyak sekali hal yang bisa dieksplorasi saat kuliah.

Meskipun jadi mahasiswa baru, bukan berarti kamu hanya bisa duduk saja dan menunggu arahan instruksi. Jika kamu menginginkan hal yang menyenangkan semasa kuliah, ada baiknya kamu keluar dari zona nyaman dan mulai mencari hal-hal yang baru sama sekali.

Intinya, saat berkuliah kamu harus membuat keselarasan antara belajar dan bersosialisasi. Inilah 5 hal yang harus kamu lakukan semasa menjadi mahasiswa agar aktivitasmu gak cuma kuliah-pulang-kuliah-pulang.

1. Tinggal di indekos atau asrama melatihmu jadi mandiri
Sebagian besar perguruan tinggi mengharuskan mahasiswa baru untuk tinggal di asrama. Beberapa perguruan tinggi biasanya memberi batas waktu pada mahasiswa baru misalnya hanya satu tahun saja dan di tahun berikutnya mereka harus pindah.

Tinggal di asrama ataupun indekos, biasanya dilakukan oleh mahasiswa rantauan atau yang jarak tempuh dari rumah ke kampusnya cukup jauh. Meskipun begitu, biasanya memutuskan untuk indekos atau asrama akan membuatmu jadi pribadi yang mandiri.

Selain itu kamu juga akan bersosialisasi dengan tinggal bersama seseorang selain keluargamu. Mungkin pada awalnya akan ada perasaan tidak nyaman, tetapi dengan begitu kamu akan belajar untuk lebih memperhatikan orang lain

Juga, dengan teman sekamar, kamu dapat berbagi beban pekerjaan rumah tangga, sewa, dan rasa takut tumbuh menjadi mandiri. Siapa tahu saja, teman sekamarmu mungkin adalah pasangan jiwamu yang sudah lama hilang?

2. Pergi ke kegiatan khusus untuk mahasiswa baru dan bertemu senior
Dengan mengikuti acara yang diselenggarakan untuk mahasiswa baru, kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang baru dan menjalin pertemanan dengan mereka. Punya teman seperjuangan, bukannya membuatmu senang?

Biasanya acara seperti ini akan ada di awal kamu masuk kuliah, misalnya mengadakan malam bimbingan bersama. Kegiatan ini terbukti sangat efektif membangun hubungan pertemanan dengan lain jurusan lho!

3. Bergabung ke organisasi yang belum pernah kamu ikuti
Kalau biasanya saat di SMA kamu hanya bisa menemukan ekskul yang itu-itu saja, lain halnya di kampus. Terdiri dari mahasiswa heterogen yang jumlahnya sangat banyak, pasti akan melahirkan ide-ide kreatif salah satunya dalam hal organisasi.

Di sini kamu memiliki hak istimewa untuk memilih. Ada baiknya kamu mencoba sesuatu yang sama sekali baru dan asing menurutmu karena dengan begitu wawasanmu akan semakin terbuka. Musik, seni, olahraga, layanan, agama, politik, atau budaya?

Apa pun itu, mungkin ada salaha satu dari banyak organisasi di kampus yang menyertakannya.

4. Mencari beasiswa di dalam kampus
Ada banyak sekali lembaga yang menyediakan beasiswa, namun biasanya memiliki banyak syarat agar kamu bisa mengikutinya. Biasanya beasiswa yang ditawarkan yang berkaitan dengan akademik, ekstrakurikuler atau diperuntukkan bagi yang membutuhkan.

Untuk beasiswa akademik pastinya kamu harus memiliki IPK yang mumpuni untuk bisa berpartisipasi. Sedangkan beasiswa ekstrakurikuler sendiri diperuntukkan bagi mereka yang aktif di organisasi.

5. Ikut kegiatan volunteer akan memperkaya pengalamanmu
Kegiatan volunteer di kampus memang tidak begitu banyak maka dari itu kamu harus jeli untuk memilih kegiatan mana yang memang benar-benar bermanfaat bagi orang lain. Selain disibukkan dengan berbagai kegiatan belajar di kelas, kamu juga bisa menjadi sukarelawan di event-event tertentu.

Selain dapat teman dan pengalaman baru, kamu juga bisa melatih skill untuk membantu orang-orang sekitar. Biasanya event volunteer ini diadakan setiap liburan semester. Jadi daripada tidak memiliki aktivitas saat liburan, ada baiknya kamu ikut bergabung. Meskipun termasuk kegiatan nonprofit, tapi pengalamanmu justru jauh lebih berharga dari materi.

Bagaimana, kamu sudah memutuskan ingin melakukan apa saja saat kuliah? Meskipun kamu wajib tahu dunia luar, kamu juga jangan lupa kewajibanmu sebagai mahasiswa ya! Sosialisasi itu penting, tapi belajar adalah utama.

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s