7 Cara Cepat & Cerdas Kuasai Grammar Bahasa Inggris, Berani Coba?

Bahasa Inggris masih banyak ditakuti, tetapi bukan berarti kamu harus menyerah untuk belajar kan? Mengingat pentingnya bahasa Inggris untuk kehidupanmu terutama untuk karirmu di masa depan, maka kamu harus bulatkan tekad untuk belajar.

Nah, jika kamu masih bingung menulis atau berbicara bahasa Inggris karena alasan grammar, berikut beberapa tips untuk kamu coba.

1. Banyak praktik dan jangan takut salah. Percayalah, practice makes perfect
Salah itu biasa dalam belajar hal yang belum banyak kamu tahu jadi usahakan kamu belajar dari kesalahan yang kamu buat. Dengan melakukan kesalahan kamu akan menjadi ingat hal yang kamu pelajari untuk menjadi lebih baik saat mengulang.

2. Selalu ingat 3 dasar tenses
Kamu hanya perlu mengingat bahwa ada 3 dasar tenses yang wajib kamu yaitu past tense, present tense dan future tense. Kamu harus memahami pola dan penggunaan dari ke-3 susunan tenses tersebut. Jika sudah, kamu tinggal mengembangkan ke bentuk tenses yang lainnya.

3. Pahami pola kalimat
Untuk mempermudah, ingatlah bahwa kamu perlu menempatkan subjek di awal kalimat. Setelah itu posisi kedua untuk kata kerja dan baru posisi berikutnya ditempati oleh objek ataupun keterangan lainnya baik waktu maupun tempat.

4. Perbanyak membaca kalimat dalam bahasa Inggris
Dengan banyak membaca kalimat, kamu dapat memahami bentuk kalimat yang kamu lihat. Selain itu, kamu juga dapat belajar kosa kota baru dari kalimat-kalimat yang kamu baca. Pastinya kamu tidak boleh malas berteman dengan kamus untuk mencari tahu artinya.

5. Latihan menulis cerita
Cobalah untuk melatih kemampuan belajar structure-mu dengan menulis sebuah cerita dalam bahasa Inggris. Cobalah buat cerita dengan memperhatikan waktu kejadiannya seperti di masa lampau, sekarang atau akan datang. Jadi, kamu bisa memilih kata kerja yang tepat untuk salah satunya.

6. Cari teman yang mahir bahasa Inggris dan jadikan dia mentor
Jika kamu punya teman yang kamu anggap pandai bahasa Inggris atau memang mahir dalam belajar bahasa Inggris, minta dia untuk mengajari. Kamu dapat memintanya mengajarimu lewat berkirim pesan. Tanyakan apa yang ingin kamu mengerti dari beberapa hal yang masih membuatmu bingung. Jika temanmu baik dan peduli, dia pasti akan mengajarimu dengan senang hati.

7. Pakailah aplikasi untuk mempermudah
Kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk belajar grammar bahasa Inggris. Banyak sekali aplikasi yang tersedia dan bisa dengan mudah kamu pasang baik di HP maupun komputer. Kamu bisa mengecek dan memahami apakah kalimat yang kamu susun sudah benar.

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s