Mahasiswa Baru, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Sudah Masuk Kuliah

Banyak orang berkata, menjadi seorang mahasiswa yang setiap hari diliputi tugas dan ujian adalah kehidupan yang baru. Tentu saja, bukan hanya terlepas dari seragam yang sama dengan teman setiap hari.

Tapi akan ada banyak ilmu dan pengalaman praktek yang lebih luas saat mulai menjadi seorang mahasiswa. Tahun ajaran 2018 sudah akan dimulai. Beberapa sudah mendapatkan tempat di universitas baik negeri maupun swasta di kota mereka. Bahkan sebagian dari mereka sudah mempersiapkan segala kebutuhan untuk berperang menuju gelar baru sebagai seorang mahasiswa.

Meski tidak lagi terikat upacara bendera setiap hari Senin atau bahkan tidak harus terburu-buru masuk pukul 7 pagi. Kamu jangan senang dulu, sebab ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mulai menjadi seorang mahasiswa. Apa saja itu?

1. Jangan takut untuk ospek, di sini kamu akan banyak dapat teman dan pengalaman baru
Ospek menjadi hal yang harus dijalani oleh para mahasiswa baru. Kenapa? Karena setiap mahasiswa baru harus mengenal bagaimana kampus mereka, siapa saja yang akan menjadi pengajar dan bagaimana nantinya mereka akan menjalani beberapa tahun untuk berkembang.

Beberapa kasus pernah terjadi saat dimana Masa orientasi yang harusnya lebih mengutamakan pengenalan kampus kepada mahasiswa, justru menjadi sangat kejam. Bahkan ada pula yang sampai merenggut nyawa seseorang. Beberapa hal yang sudah terjadi inilah yang seringkali ditakuti mahasiswa baru.

Tapi tenang saja. Tidak semua berperilaku seperti itu. Saat kamu menemui perlakuan buruk, kamu bisa menegur dengan baik. Kamu tetap bisa menjalani masa orientasi sebagai mahasiswa baru dengan sangat indah.

2. Untuk ikut organisasi atau komunitas, coba sesuaikan dengan visi dan misimu jangan mudah terbawa tanpa tahu tujuan
Saat kamu menjalani masa muda di bangku kuliah, kamu pasti ingin menjadi yang teraktif. Mengikuti banyak kegiatan di luar perkuliahan formal. Seperti komunitas, organisasi dan himpunan ataupun lainnya. Banyak sekali yang bisa kita ikuti.

Di awal kamu menjadi mahasiswa pasti akan ada banyak yang menawarkan organisasi ini dan itu. Tapi apakah harus ikut semua? Tentu tidak. Pandai memilah dan memilih tentu akan membantu kita untuk bisa survive dan berkembang di organisasi tersebut.

3. Punya teman beda fakultas juga bisa jadi jalan untuk kamu memperluas koneksi selama berkuliah
Ospek juga jadi tempat kamu untuk mendapatkan lebih banyak teman. Bahkan dari fakultas atau jurusan yang berbeda. Saat kamu menjadi anak perantauan atau kos pun, pengalaman dan teman barumu akan semakin banyak.

Teman inilah yang akan menemani dan membantu kita selama kita menjalani hari-hari di kota lain. Jangan batasi pertemananmu tapi tetap bertemanlah dengan mereka yang mau bersama untuk melakukan hal yang baik.

4. Meski ingin memberi kesan terbaik, jangan berpenampilan yang berlebihan. Kamu perlu penyesuaian
Untuk anak baru, kamu pasti ingin memberikan dan menampilkan penampilan terbaik. Boleh saja, tapi jangan berlebihan. Bebas mengenakan pakaian apapun akan membuatmu ingin mengeksplorasi banyak hal ini dan itu. Tapi tetap saja sesuaikan dengan tempat dan kondisi saat itu.

5. Belajar mengubah kebiasaan buruk selama sekolah agar bisa berkembang selama kuliah
Kalau dari yang terdahulu kamu adalah orang yang belajar hanya jika ujian atau bahkan mengerjakan tugas di sekolah, karena harus mencontoh teman sebelah bangku. Maka coba perlahan ubahlah sikapmu itu, belajar perlahan, membaca saja jika bosan karena lelah berpikir keras.

Jangan buang waktumu untuk bersenang-senang tapi lupa dengan tugas utamamu sebagai seorang mahasiswa yang tidak lagi harus mendapat teguran baru berubah.

Jadi, apakah kamu sudah siap menduduki bangku kuliah?

Penulis : Nelsi
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s