6 Cara Lancar Bahasa Inggris tanpa Perlu Mengartikan ke Bahasa Indonesia

Ada banyak permasalahan yang dihadapi oleh orang Indonesia yang belajar bahasa Inggris, salah satunya adalah sering melakukan kesalahan karena selalu mengartikan kalimat yang ingin diucapkan ke dalam Bahasa Indonesia terlebih dahulu.

Kesalahan seperti ini akan menjadi fatal jika terus menerus kita lakukan lho. Jadi, yuk kita sama-sama belajar cara menghentikan kebiasaan buruk ini dan mulai bicara bahasa Inggris dengan lancar.

1. Jadilah seperti balita yang baru belajar bicara, mereka mengenal kata melalui meneliti, memahami, mengaplikasikan, dan bukannya menghafal
Ketika mempelajari bahasa, kesalahan yang sering dibuat adalah dengan menghafal kata per kata misalnya beautiful untuk cantik, handsome untuk tampan dan seterusnya. Tapi, pernah gak kamu mengamati kenapa balita bisa belajar bicara sebuah bahasa padahal dia gak punya kata lain untuk mengartikan? Nah, cobalah untuk menerapkan hal ini juga dalam sistem belajarmu.

2. Daripada menggunakan kamus Bahasa Inggris-Indonesia atau sebaliknya, cobalah untuk menggunakan kamus Inggris-Inggris
Buang jauh-jauh kamus dua bahasamu, sebagai gantinya, gunakanlah kamus satu bahasa. Sudah tahu kan kalau ada kamus jenis ini? Kamus seperti ini akan mendefinisikan sebuah kata bahasa Inggris dengan tetap menggunakan bahasa Inggris. Susah? Kalau sudah terbiasa, gak akan susah kok. Biasakan dirimu ya.

3. Sering ngomong sama diri sendiri? Bicaralah dalam bahasa Inggris setiap kali kamu ngomong sendiri
Ketika sendirian di kamar atau di manapun, cobalah untuk mempraktekkan bahasa Inggris. Karena lagi sendiri, jadi gak perlu takut salah atau merasa malu kan? Kamu juga bisa bicara seolah-olah sedang melakukan percakapan ringan. Ingat, usahakan untuk bicara dengan keras agar kamu bisa mendengar sendiri bagaimana pengucapanmu dalam bahasa Inggris.

4. Selain bicara, mulailah untuk berpikir dalam Bahasa Inggris, definisikan setiap benda di sekitar mu dan coba juga untuk mendeskripsikannya dalam bahasa Inggris
Kalau bicara hanya bisa kamu lakukan saat sendiri, berpikir dalam bahasa Inggris bisa kamu lakukan di manapun dan kapanpun bahkan di keramaian. Amati setiap benda di sekitar mu atau kegiatan yang sedang kamu lakukan. Buatlah kalimat dalam Bahasa Inggris sebanyak yang kamu bisa.

5. Mendengarkan native speaker, menganalisa cara mereka mengucapkan kata, mengingat, lalu kamu bisa mulai menggunakan kata-kata itu deh
Cara untuk menambah kosakatamu adalah melalui mendengarkan. Ada banyak cara untuk melakukan hal ini, seperti mengunduh file dialog atau monolog dalam Bahasa Inggris. Atau, jika kamu mudah bosan dengan hanya mendengarkan, menonton videoYoutube berbahasa Inggris dengan tema yang kamu sukai bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

6. Lakukanlah semua kegiatan di atas setiap hari, luangkan waktumu walaupun hanya 15 menit sehari
Jadikan semua kegiatan di atas sebagai rutinitasmu. Lakukan hal itu berulang-ulang setiap harinya sehingga menjadi kebiasaan. Gak perlu waktu banyak, cukup 15-20 menit sehari sudah cukup kok, yang penting rutin ya, guys.

Sudah siap buat mempraktikkan cara-cara di atas?

Penulis : Desy Damay
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s