Ini Lho 4 Manfaat yang Kamu Dapat Kalau Lanjut S2 ke Luar Negeri

Buat apa sih kamu ngambil S2 segala? Daripada ngehabisin uang, mending habis lulus cari kerja aja! Untuk kamu yang habis lulus dan punya keinginan ambil S2, mungkin pernah denger kata-kata seperti itu. Percayalah guys, apapun jalan yang kamu ambil selama diiringi kerja keras dan kesabaran akan berbuah manis.

Bagi teman-teman yang memilih jalan untuk lanjut S2 di luar negeri selepas wisuda S1, ini 4 alasan mengapa kamu sebaiknya bekerja keras dan sabar untuk mewujudkan impian sebagai lulusan master dari universitas luar negeri.

1. ‘Nilai’ ijazah yang lebih tinggi
Bukan maksud mendiskreditkan lulusan magister universitas dalam negeri atau fresh graduate S1, namun banyak perusahaan, institusi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat mengganggap bahwa alumni S2 luar negeri memiliki kemampuan lebih seperti kepercayaan diri, problem solving, kefasihan bahasa asing, dan masih banyak lagi.

2. Meningkatkan hardskills dan softskills
Universitas peringkat 150 ke atas dikenal mempunyai fondasi riset yang kuat, jadi kamu akan ‘dipaksa’ untuk menganalisis masalah lebih dalam, berpikir kritis, berbicara dan menulis padat serta terstruktur, juga menguasai kemampuan yang diperlukan untuk riset.

Selain hardskills, belajar di luar negeri membuat kalian percaya diri berhadapan dengan orang-orang asing dari bermacam latar belakang sosial dan akademik, berpikir terbuka, mandiri karena kalian sering dipaksa untuk memutuskan masalah sendiri, dan masih banyak lagi.

Kemampuan tersebut secara tidak disadari membekali kalian untuk kehidupan mendatang.

3. Menguasai bahasa asing
Kalian, baik dalam lingkungan kampus atau kehidupan sehari-hari, akan ‘diwajibkan’ untuk berbahasa asing seperti bahasa Inggris atau bahasa nasional negara kampus teman-teman. Karena terbiasa berbahasa asing, kemahiran kalian dalam berbahasa diluar bahasa Indonesia tentu meningkat.

Hasilnya, prospek kariermu akan meningkat, guys! Dan jangan lupa, setelah lulus, cantumkan tingkat kemahiran bahasa asing di CV, ya!

4. Membuka jaringan internasional
Banyak universitas tingkat dunia bekerjasama dengan perusahaan, institusi pemerintah, dan lembaga non-pemerintah. Tidak jarang kerjasama itu berwujud informasi pekerjaan ataupun magang. So, kamu tidak perlu susah payah untuk mencari informasi lowongan pekerjaan setelah kamu lulus.

Bagi kamu yang ingin lanjut S3 di universitas luar negeri, dosen-dosenmu juga bisa menjadi pendukung dengan memberi surat rekomendasi pastinya.

Nah, makin mantap dong daftar S2 di universitas luar negeri?

Penulis : Ivan Kristianto
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s