Mahasiswa Baru, 7 Hal Ini Perlu Kamu Hindari di Semester Pertama

Bagi kamu yang baru saja lulus dan berniat melanjutkan buat kuliah, jangan hanya fokus pada hal yang perlu kamu lakukan saja ya. Bagaimanapun kesan pertama merupakan hal paling penting dalam masa pengenalanmu dengan lingkungan kampus, atau memperkuat posisimu sebagai mahasiswa yang menyenangkan baik di lingkup perkuliahan sampai pergaulan. Ingat, saat kamu melakukan yang terbaik di semester pertama maka kamu tidak akan mendapat kesulitan di semester berikutnya.

1. Membebani diri dan pikiranmu dengan mendiskriminasi mata kuliah selama memulai semester
Banyak mahasiswa yang memutuskan apa yang akan mereka pelajari ketika mereka mulai kuliah sering berakhir dengan perubahan pikiran Intinya jangan terlalu membebani diri sendiri untuk menargetkan mata kuliah wajib yang harus kamu perdalam di semester pertama. Luangkan waktu untuk mengikuti lingkup yang berbeda, bergabung dengan klub baru, dan cari tahu bidang studi apa yang kamu nikmati.

2. Melewati kelas dengan alasan kesenangan atau tidak menyukai mata kuliah tersebut
Ingat semester pertama adalah pondasi yang akan mengokohkan semester berikutnya. Saat kamu baru mulai beradaptasi memang sangat menggoda untuk melewatkan kelas di perguruan tinggi, terutama pada semester pertama di mana lebih banyak mata kuliah teori. Tapi ingat, sekali kamu melewatkan kelas maka banyak kemungkinan yang akan terjadi yaitu dapat cap buruk dari dosen pengampu atau mengulang mata kuliah sama di semester berikutnya padahal kamu sudah harus fokus untuk memadatkan SKS.

3. Terlalu ribut memikirkan perasaan dan menjalin hubungan, nikmati saja masa-masa indahmu sebagai mahasiswa di semester pertama
Dengan begitu banyak perubahan baru dalam hidupmu, jangan merasakan tekanan untuk langsung menjalin hubungan. Tahun baru adalah tentang menjelajahi kebebasan, menemukan minat baru, dan bertemu banyak orang baru. Nikmati saja, dan jangan terlalu menuntut diri untuk segera mencari pasangan.

4. Jarang berkomunikasi dengan keluarga dan tertutup seputar kehidupan barumu saat berkuliah
Mahasiswa Baru, 7 Hal Ini Perlu Kamu Hindari di Semester Pertamacanacopegdl.com
Kesibukanmu berubah, banyak yang perlu kamu urus di semester pertama. Tapi percayalah kalau itu belum seberapa kalau dibandingkan dengan semester berikutnya. Selama ada waktu maka ada baiknya kamu memberi kabar tentang perkuliahanmu pada kedua orang tua. Apalagi kalau kamu hidup jauh dari rumah.

Biasanya di awal perkuliahan sebagian besar orang tua akan merasa khawatis pada kehidupan barumu. Kamu yang merasa terganggu dengan rentetan telepon dari mereka, tenang saja intensitas itu akan berkurang seiring berjalannya waktu. Di semester pertama mereka hanya ingin memastikan kalau putra/putrinya bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

5. Takut untuk bertanya dan menganggap hal itu tidak perlu dilakukan. Ingat! bertanya adalah modal awal supaya kamu bisa mengenal dunia
Tanyakan saja semua hal yang membuatmu merasa penasaran, baik itu di kelas, di selasar, atau di kantin sekalipun. Saat kamu mendapatkan jawabannya maka itu akan menambah pengetahuan barumu tentang lingkungan kampus sampai informasi pribadi.

6. Menjalin banyak pertemanan itu sangat baik, tapi jangan terlalu banyak menaruh kepercayaan kepada orang yang baru pertama kali kamu kenal
Mayoritas orang yang berinteraksi dengan kamu akan menjadi orang baik. Namun, akan ada orang lain yang tidak. Sangat mudah untuk meminta tumpangan saat pulang atau membicarakan hal-hal menarik lainnya. Tapi kamu harus ingat bahwa setiap orang punya pandangan berbeda-beda. Kamu bisa saja terlalu baik pada mereka dan malah berujung hanya dimanfaatkan saja. Ada baiknya, di tahap awal ini kamu hanya perlu berkenalan saja dan tidak berharap banyak dari teman-teman barumu.

7. Menjadi mahasiswa yang cuma tahu seputar kampus dan asrama serta mengisolasi diri dari dunia luar
Memang ada baiknya untuk berhati-hati saat bergaul di lingkungan baru, namun bukan berarti kamu harus menarik diri dari dunia luar dan tidak bersosialisasi dengan siapapun. Memberi batas pada diri sendiri itu penting, tapi jangan lupa perhatikan porsinya juga. Gunanya kuliah, selain mendapat ilmu kamu juga harus bisa pintar untuk mencoba hal-hal yang baru termasuk bertemu dengan orang-orang baru.

Bergabunglah dengan klub atau ajak teman sekamarmu untuk makan malam. Usia awal perkuliahan adalah masa-masa ideal untuk memperbanyak teman. Di kemudian hari, seiring bertambahnya usia, kamu pasti terkejut saat tahu betapa sulitnya mendapatkan teman baru.

Tahun-tahun di perguruan tinggi adalah waktu terbaik dalam hidupmu. Semoga kamu bahagia dan tetap bekerja keras ya!

Penulis : Serlin
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s