Selain di Bank, Ini 5 Prospek Kerja Lulusan Keuangan dan Perbankan

Mahasiswa program studi (prodi) keuangan dan perbankan akan mempelajari ilmu-ilmu ekonomi secara umum sampai khusus di sektor perbankan selain itu prodi yang mayoritas berada pada jenjang diploma ini juga mempelajari pengetahuan mengenai lembaga keuangan lainnya.

Melihat industri perbankan yang gak ada matinya, tentu prospek kerja di dunia perbankan akan terus terbuka luas untuk lulusan keuangan dan perbankan.

Tetapi bukan berarti lulusan program studi ini hanya bisa bekerja di bank lho. Nyatanya dengan ilmu yang sudah dipelajari, ada banyak prospek kerja untuk lulusan program studi ini.

Nah selain di bank, berikut lima pilihan prospek kerja lulusan keuangan dan perbankan

1. Manajer Investasi
Prospek kerja ini berhubungan pada produk investasi reksa dana. Bagi yang belum tahu, reksa dana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Jika sudah dibeli, manajer investasi kemudian akan mengatur kapan saham tersebut akan dijual, kapan sebuah obligasi dilepas, serta harus berapa banyak dana cash yang memang diperlukan untuk disimpan, dan yang lainnya.

2. Staff Administrasi Keuangan
Pekerjaan satu ini andalan para fresh graduate selain bekerja di Bank, saat kuliah di prodi keuangan dan perbankan kamu juga akan dibekali dengan mata kuliah akuntansi lho. Nah bekal ini yang akan menjadi modal pada karier sebagai staff administrasi keuangan.

Contoh job desc pekerjaan ini antara lain membuat, memeriksa dan mengarsip faktur atau nota supplier sampai melakukan stock opname barang setiap bulan atau mengecek ketersediaan barang dan laporan keuangan.

3. Internal Auditor berbagai Lembaga
Internal Auditor sangat diperlukan dalam melakukan pengawasan pada suatu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. Pengawasannya sendiri sangat luas, contohnya pengawasan akuntansi yang meliputi prosedur yang menyangkut pengamanan harta benda dan catatan pembukuan.

4. Perencana Keuangan
Istilah keren pekerjaan ini sih financial planner, sekitar 2000an, karir ini mulai menjamur di Indonesia. Seorang perencana keuangan akan membantu klien untuk menyiapkan rencana keuangan.

Pekerjaan ini bisa bersifat independen alias buka jasa sendiri atau kamu juga bisa bekerja pada suatu perusahaan tertentu. Jika ingin menjadi financial planner terpercaya, kamu perlu mengantongi sertifikasi resmi.

5. Analis Keuangan
Analis keuangan banyak diperlukan perusahaan dalam membantu mereka untuk mengambil keputusan pada suatu perusahaan berdasarkan laporan keuangan. Kamu harus jeli dengan tren keuangan dan informasi tentang tren pasar industri untuk menjadi seorang analis keuangan. Lulusan keuangan dan perbankan sudah pasti dituntut untuk update tentang tren keuangan.

Itu dia prospek kerja bagi lulusan keuangan dan perbankan. Memang sebagian besar lulusannya akan bekerja pada sektor keuangan yang dinilai menjanjikan. Bagi kamu yang tertarik dengan program studi ini, terus belajar dengan giat ya!

Penulis : Niken Ajeng P.
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s