Wajib Tahu! Ini 5 Hal Penting Soal Sistem Penilaian di Kampus

Tak terasa tinggal beberapa bulan lagi para calon mahasiswa akan memasuki dunia perkuliahan. Nah, pastinya banyak hal yang bikin kamu penasaran soal sistem di perkuliahan terutama tentang sistem penilaian.

Sebenarnya sama gak sih sistem penilaian di kampus dengan saat SMA? Jawabannya gak sama ya, walau ada sedikit kemiripan dalam penilaian tapi secara umum punya perbedaan yang dapat mempengaruhi hasil penilaian. Mau tahu? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Persentase penilaian
Persentase penilaian gunanya untuk menentukan nilai dari tiap mata kuliah. Persentase penilaian ini terdiri dari beberapa komponen yang berbeda-beda tiap kampus namun secara umum hampir sama, misalnya:

  • UAS: 40%
  • UTS: 30%
  • Tugas dan kuis: 20%
  • Kehadiran: 10%
  • Total: 100%

Jadi, usahakan untuk meraih nilai yang tinggi pada setiap persentase ya apalagi komponen dengan persentase terbesar. Karena nilai tiap mata kuliah didasarkan pada persente penilaian yang akhirnya turut mempengaruhi indeks prestasi (IP) nantinya.

2. Nilai dikonversikan menjadi huruf
Nah, ini nih yang agak berbeda dengan sistem penilaian saat SMA. Biasanya, nilai hanya berupa angka saja dari 0-100 atau secara kuantitatif saja. Sedangkan saat kuliah, nilai juga dikonversikan secara kualitatif dalam bentuk huruf dengan rentang tertentu, misalnya:

  • A = 80-100 = skala 4 (sangat baik)
  • B = 70-79 = skala 3 (baik)
  • C = 60-69 = skala 2 (cukup)
  • D = 50-59 = skala 1 (buruk)
  • E = 0-49 = skala 0 (sangat buruk)

Nah, rentang nilainya sendiri bisa berbeda-beda ya tergantung kebijakan kampus. Umumnya, batas kelulusan itu ada pada nilai C dan kalau sudah mendapat nilai D atau E sudah bisa dipastikan gagal dalam mata kuliah tersebut.

3. Perhitungan indeks prestasi (IP)
Indeks prestasi atau sering disingkat IP adalah gabungan nilai rata-rata dari setiap mata kuliah yang kamu ikuti dalam satu semester dan biasanya dibuat dalam skala 0-4. Terus cara menghitung Indeks prestasi itu gimana sih? Ternyata ada beberapa komponen IP yang membentuk rumus menghitung IP yaitu:

  • Nilai tiap mata kuliah
  • Kredit/SKS (bobot dan beban tiap mata kuliah)
  • Mutu (nilai * kredit)
  • IP = total mutu/total SKS
  • Nb: SKS = Satuan Kredit Semester

Nah, sebagai informasi saja kalau IP dan SKS itu saling mempengaruhi lho. Kalau IP-mu bagus maka kamu akan diberi jatah SKS yang lebih banyak (maksimal 24 SKS) yang makin banyak kamu ambil maka semakin cepat kamu menyelesaikan beban SKS dan cepat tamat deh!

4. Perbedaan IP dan IPK
Banyak nih orang yang sering mengira kalau IP itu sama dengan IPK, padahal berbeda lho. Poin-poin di atas sudah menjelaskan tentang IP lalu gimana dengan IPK? Yah, IPK itu singkatan dari indeks prestasi kumulatif yang mana merupakan rata-rata IP mahasiswa dari semester satu sampai semester akhir.

Sedangkan IP itu hanya indeks prestasi per semesternya saja. Jadi, kalau sudah wisuda maka nilai paling akhir yang akan muncul adalah IPK dan nantinya IPK itu akan menentukan predikat kelulusanmu. Jadi, jangan salah sebut lagi ya!

5. Tips memaksimalkan indeks prestasi
Setelah kamu memahami 4 poin tentang sistem penilaian di atas, maka dapat disimpulkan beberapa tips untuk memaksimalkan IP, yaitu:

  1. Usahakan mendapat nilai A pada persentase penilaian tertinggi
  2. Usahakan juga mendapat nilai A pada mata kuliah dengan SKS yang banyak
  3. Mengambil SKS sesuai kemampuan diri sendiri sehingga IP pun menjadi maksimal
  4. Terakhir, belajar dengan tekun ya!

Nah, demikian 5 hal penting soal sistem penilaian di kampus yang wajib kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Penulis : Frederick
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s