5 Hal yang Bisa Jadi Pertimbangan Sebelum Memilih Jurusan Teknik Kimia

Buat kamu yang baru selesai UNBK pasti lega sekali rasanya, akhirnya satu ujian telah selesai kamu lewati. Tapi jangan santai-santai dulu ya, masih ada berbagai ujian seleksi masuk perguruan tinggi yang harus kamu hadapi.

Yang ngaku suka pelajaran Kimia waktu SMA dan sekarang sedanggalau sama jurusan kuliah, sebelum memutuskan untuk masuk jurusan teknik kimia sebaiknya perlu tahu beberapa hal berikut ya.

1. Apa yang dimaksud dengan teknik kimia?
Teknik kimia atau chemical engineering atau bisa juga disebut teknik rekaya proses adalah ilmu yang mempelajari pengolahan suatu bahan dari bahan mentah menjadi produk jadi atau setengah jadi dengan mempertimbangkan aspek kebutuhan masyarakat, ekonomi dll.

Atau secara mudahnya teknik kimia itu yang merancang suatu proses di industri. Misalnya adalah mempelajari bagaimana proses pengolahan minyak mentah hingga bisa menjadi bahan bakar yang biasa kita gunakan sehari-hari.

2. Perbedaan teknik kimia sama kimia murni
Lulusan dari kimia murni biasa disebut chemist sedangkan lulusan dari teknik kimia disebut engineer. Lulusan kimia murni lebih mengarah menjadi peneliti sedangkan lulusan teknik kimia akan mengembangkan penelitian tersebut dan mengaplikasikannya dalam skala industri yang nantinya dapat berguna bagi masyarakat secara luas.

3. Prospek kerja
Dunia terus berkembang begitu pula dengan industrinya. Setiap tahun semakin banyak bermunculan berbagai macam jenis indutri.

Setiap industri proses pasti membutuhkan lulusan teknik kimia untuk mengontrol jalanya proses industri tersebut. Jurusan ini dianggap menjadi jurusan dengan gaji paling tinggi.

Memang benar kalau kamu bisa bekerja di industri yang besar, dalam satu tahun kamu sudah bisa membeli rumah dan mobil. Jadi tunggu apa lagi?

4. Mata kuliah yang dipelajari di teknik kimia
Di tahun pertama perkuliahan kamu akan mempelajari dasar-dasar kimia seperti kimia dasar, kimia organik, kimia analisis, mikrobiologi, kimia fisika.

Untuk tahun ke-2 dan seterusnya kamu akan mempelajari inti teknik kimia seperti pengendalian proses, operasi teknik kimia, teknik reaksi kimia. Kamu juga akan terbiasa dengan praktikum di laboratorium dan begadang mengerjakan laporan.

5. Masuk teknik kimia karena suka pelajaran kimia
Untuk adik-adik yang ingin masuk jurusan teknik kimia karena dulu pas SMA menyukai pelajaran kimia, mungkin harus benar-benar dipikirkan lagi ya. Karena meskipun judulnya teknik ‘kimia’, pelajaran yang paling mendominasi di dalamnya adalah matematika dan fisika.
Jangan sampai pas sudah berhasil masuk jurusan teknik kimia, kamu merasa salah jurusan ya!

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memutuskan memilih jurusan teknik kimia. Semoga benar-benar menjadi passionmu ya!

Penulis : Puput Wulandari
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s