Tips Memulai Kuliah Bagi Para MABA

Pada awal kuliah biasanya menjadi masa yang mendebarkan bagi para mahasiswa baru. Banyak hal yang mempengaruhi hal tersebut. Salah satunya karena belum beradaptasi dengan lingkangan baru di kampus. Apalagi untuk mahasiswa rantauan yang hidup terpisah dari keluarga dan harus mengurus kuliahnya sendiri. Dan kurangnya paham para mahasiswa tentang kampus juga menjadi alasan para mahasiswa baru (MABA) mengalami kebingungan saat semester awal.

Namun, tak perlu merasa bingung lagi, karena kami akan membahas tentang tips untuk kamu yang akan memulai kuliah sebagai mahasiswa baru alias MABA. Berikut adalah tips memulai kuliah bagi para MABA :

Mengikuti kegiatan OSPEK
Ospek merupakan masa orientasi bagi para mahassiwa baru di lingkungan kampus. Akan tetapi banyak mahasiswa baru yang merasa takut, ragu untuk mengikuti kegiatan ini. Banyak alasan yang dikeluarkannnya, salah satunya karena takut dimarahi oleh senior. Padahal sebenarnya pada masa ini kamu bisa memanfaatkannya untuk berkenalan dengan teman-teman baru yang nantinya bisa menjadi teman sejatimu. Pada masa ospek inilah akan melatih mental para mahasiswa baru untuk menghadapi masa kuliah yang penuh lika-liku dan rintangan. Perlu diingat, menjadi mahasiswa itu tidak sama dengan pelajar SMA.

Jangan ragu bertanya pada kakak tingkat
Kamu bingung sama meteri kuliah? Atau tidak tahu cara menghadapi dosen yang killer? Janganlah ragu untuk bertanya tipsnya kepada seniormu. Mereka tentunya sudah pernah menghadapi hal-hal tersebut dan mengetahui cara mengatasinya. Tak perlu ragu dan takut bertanya kepada senior hanya karena dibilang sok akrab atau cari perhatian. Dengan senang hati, para senior akan membantumu.

Mengikuti UKM/Organisasi
Mengikuti UKM/Organisasi di kampus tentunya kamu akan mendapatkan banyak pengalaman di kampus. Dimasa kuliahlah masa yang tepat untuk mengeskplore bakat dan minatmu. Disamping itu mengikuti UKM di kampus akan menambah pertemananmu di lingkungan kampus, jadi temanmu bukan hanya dari teman jurusanmu. Jadi, ingat jangan jadi mahasiswa kupu-kupu selagi kamu punya waktu.

Memanfaatkan perpustakaan
Perpustakan merupakan tempat untuk mendukung kegiatan akademismu. Selain banyak buku referensi untuk mencari tugas kuliah, perpustakaan juga bisa menjadi tempat untuk bersantai-santai saat kamu menunggu kelas selanjutnya. Jadi, selain sebagai tempat menimba ilmu, perpustakaan juga bisa kamu manfaatkan sebagai tempat untuk beristirahat.

Itulah beberapa tips bagi para MABA di awal kuliah. Semoga bermanfaat.

Sumber : Seputarmahasiswa.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s