Belajar SBMPTN Bareng Teman? Nih 5 Tipsnya Biar Makin Maksimal

Wah, gak kerasa ya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN sudah akan dimulai. Tapi pertanyaannya, apakah kamu sudah siap? Atau jangan-jangan kamu belum sama sekali mempersiapkan SBMPTN gara-gara terlalu ngarep dengan SNMPTN? Gak usah khawatir dan pesimis.

Banyak cara yang masih bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan SBMPTN. Satu di antaranya belajar bareng teman yang dijamin bakal banyak membantu kamu untuk memahami materi.

Supaya kamu lebih siap lagi, di bawah ini ada enam tips yang bakal membuat belajar bareng teman menjadi efektif dan bermanfaat.

1. Tentukan waktu belajar dengan tepat
Penentuan waktu belajar itu sangat penting. Kalau kamu memilih waktu yang gak tepat, belajarmu bisa tidak efektif dan kamu sendiri akan kecewa. Pilihlah waktu di atas jam 9 pagi. Karena di jam seperti itu kamu masih fresh dan mudah fokus.

Tapi kalau kamu memilih waktu di sore atau malam hari, sebaiknya jangan belajar terlalu malam, supaya kamu tidak mengantuk. Serta untuk menghindari kalau terjadi mati listrik. Waduh, kamu malah gak jadi belajar deh.

2. Mintalah temanmu yang pintar untuk mengajarimu
Meski di internet sudah banyak bank soal dan pembahasan materi tentang SBMPTN, tapi ada baiknya tetap meminta teman yang pintar untuk mengajarimu. Tujuannya supaya ada yang bisa memandumu belajar. Dan pastinya kamu akan lebih paham dan puas kalau bertanya, serta mendengarkan penjelasan secara langsung.

3. Kamu bisa melakukan pembagian tugas dalam belajar bersama
Pembagian tugas ketika belajar bersama? Kenapa tidak! Cara ini bisa kamu lakukan agar kamu gak perlu ribet membawa banyak buku atau kertas ke rumah temanmu. Kamu bisa meminta beberapa temanmu untuk mengumpulkan soal-soal SBMPTN tahun lalu, atau membawa buku-buku yang berkaitan dengan SBMPTN.

4. Pilihlah tempat belajar yang kondusif agar konsentrasimu terjaga
Selain memilih waktu yang tepat, memilih tempat belajar juga penting lho. Banyak sekali referensi tepat yang bisa kamu gunakan untuk belajar. Tapi sebelum menentukan tempatnya, kamu harus mengutamakan faktor konsentrasi.

Seperti mempertimbangkan tempat yang nyaman dan tidak berisik. Kalau kamu bingung mau belajar di mana, belajar saja di rumahmu sendiri dengan mengajak temanmu. Atau kamu juga bisa belajar bareng teman di rumah temanmu yang lain.

5. Buatlah jadwal belajar supaya belajarmu tertata dan efektif
Cara ini sangat baik bila kamu terapkan agar belajarmu tidak memusingkan dirimu sendiri. Misalnya di hari Senin kamu belajar TPA, kemudian di hari Selasa kamu belajar Matematika dasar, dan Rabu kamu belajar bahasa Inggris. Metode seperti ini bisa membuatmu fokus terhadap setiap materi dan belajarmu menjadi teratur.

Bagaimana mau dicoba?

Jadi, itu dia tips-tips buat kamu yang pengin belajar untuk SBMPTN bareng teman. Semoga persiapanmu makin matang dan kamu siap menghadapi SBMPTN nantinya. Kalau ada yang mau nambahin tips, bisa share di kolom komentar ya!

Penulis : Yefta christopherus
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s