Sudah Tahu? Ini Perbedaan 5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Ujian Nasional tingkat SMA baru saja usai. Setelah lulus sekolah menengah, kamu yang sudah jadi calon mahasiswa tentu dihadapkan dengan pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi. Bisa jadi, di benak kamu hanya ada dua gambaran, yakni mau masuk univesitas mana.

Perlu diketahui, bedasarkan sistem pendidikan nasional tedapat 5 jenis atau bentuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi.

Kalau kamu belum tahu apa bedanya, begini penjelasaan mendasar tentang kelima macam perguruan tinggi tersebut.

1. Universitas
Universitas merupakan perguruan tinggi yang terdiri atas berbagai rumpun keilmuan yang diselenggarakan dalam sejumlah fakultas. Perguruan tinggi bentuk universitas mengadakan pendidikan akademik (terfokus pada pengembangan ilmu atau peneliti/ilmuwan), dan pendidikan profesi (terfokus pada gelar keahlian khusus di bidang pekerjaanya), dan pendidikan vokasi (tefokus pada keahlian bidang terapan/kerja).

Jadi, dalam satu kampus terdapat beragam program studi atau jurusan yang digolongkan dalam banyak fakultas sesuai rumpunnya. Misalnya, Universitas Indonesia terdapat Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Psikologi dan lain-lain.

Setiap fakultasnya menyediakan program atau jurusan, misalnya Fakultas Teknik mengadakan jurusan teknik sipil, teknik masin, teknik elektro. Juga Fakultas Ilmu Budaya, yang menyelenggarakan program sarjana Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Ilmu Sejarah, Ilmu Filsafat, dan masih banyak lagi fakultas lainnya.

Umumnya, universitas diminati oleh peserta didik yang ingin menjadi peneliti, atau yang ingin mengincar gelar akademik bekelanjutan (S1, S2, S3) sarjana, magister, doktor, atau menjadi seorang guru besar (profesor).

2. Institut
Institut merupakan perguruan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik, pendidikan vokasi dan juga profesi dalam sekelompok disiplin ilmu yang sejenis. Berbeda dengan universitas yang menampung bebagai rumpun keilmuan, institut hanya menampung sejumlah rumpun ilmu tertentu, yang biasanya sesuai dengan nama kampusnya sehingga fakultasnya tidak seberagam univesitas.

Sama halnya seperti universitas, peguruan tinggi bebentuk institut juga memiliki sejumlah fakultas yang menyelenggarakan program studi atau jurusan tesendiri. Misalnya, Institut Kesenian Jakarta, yang terdapat fakultas Seni Rupa & Desain, fakultas petunjukan, fakultas film & televisi. Misalnya, Fakultas Seni Pertunjukan di IKJ menyelenggarakan jurusan Seni Teater, Seni Tari, Seni Musik, Etnomusikologi.

3. Sekolah Tinggi ( ST )
Sama seperti universitas dan institut, peguruan tingi berbentuk Sekolah Tinggi merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik, pendidikan vokasi, dan juga profesi. Bedanya, ST mengadakan hanya satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jadi satu kampus Sekolah Tinggi sama halnya dengan satu fakultas.

Sebagai contoh, Sekolah Tinggi Desain InterStudi (Kampus STDI) yang menyediakan program studi atau jurusan desain, di antaranya jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Multimedia, Desain Interior, Desain Busana. Juga misalnya STEI (Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia) yang menyajikan program studi atau jurusan di bidang-bidang ekonomi saja, yakni akutansi, manajemen, dan manajemen perdagangan.

Sekolah Tinggi cenderung cocok untuk peserta didik yang ingin menjadi seoroang spesialis atau ahli dalam bidang pekerjaan yang membutuhkan syarat khusus.

4. Politeknik
Politeknik merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dan pendidikan profesi dalam berbagai bidang pengetahuan khusus. Politeknik biasa disamakan dengan Institut Teknologi, karena hanya menyelenggarakan bidang atau disiplin ilmu teknik (terapan). Sebagai contoh, Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, yang mengadakan jurusan di antaranya Teknik Mekanika dan Energi, Teknik Elektro, dan Teknik Infromatika dan Komputer.

Berbeda dengan universitas, institut, dan sekolah tinggi, perguruan tinggi berbentuk politeknik ini tidak menyelenggarakan program akademik (keilmuan) atau sarjana bekelanjutan. Politeknik cenderung bertujuan untuk mencetak tenaga-tenaga yang siap kerja sesuai keterampilan atau bidang yang diambilnya.

Jadi masa perkulihannya relatif singkat dan lebih banyak praktek dibanding teori. Lulusan politeknik memiliki gelar atau level pendidikan D-III dan D-IV atau biasa disebut dengan sarjana terapan.

5. Akademi
Akademi merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu tertentu. Perguruan tinggi berbentuk akademi ini, merupakan kampus yang paling sempit wilayah bidang ilmunya dibanding universitas, institut, sekolah tinggi, dan politeknik.

Peguruan tinggi bentuk akademi ini, biasanya diselenggarakan oleh instansi-instansi. Misalnya Akademi Keperawatan Jayakarta (Akpe Jayakarta) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, perguruan tinggi akademi umumnya hanya menyediakan paling sedikit 1 program (jurusan). Misalnya Akademi Telkom Jakarta dengan program D3 Telekomunikasinya.

Serupa dengan politeknik, perguruan tinggi bebentuk akademi juga menyelenggarakan pendidikan vokasi (D-I, D-II,D-III) yang beorientasi pada pencetakan tenaga kerja. Hanya saja, peguruan tinggi akademi tidak menyediakan pendidikan profesi (D-IV), dan hanya menyediakan program studi terapan dalam satu cabang bidang (umumnya sesuai nama kampusnya).

Jadi, pada dasarnya yang membedakan kelima bentuk perguruan tinggi tersebut adalah kuantitas atau jumlah program studi, jenjang strata (gelar), seta orientasi atau tujuan dari diselenggarakannya studi. Sederhananya, untuk peserta didik yang siap kerja, politeknik dan akademi paling cocok dibanding bentuk perguruan tinggi lainnya.

Nah, sekarang sudah semakin tahu kan perbedaannya? Sudah mantap melanjutkan studi ke mana nih?

Penulis : M.A.J.W
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s