Pengin Sukses Berorganisasi Saat Sekolah? 5 Tips Ini Bakal Berguna!

Berorganisasi ketika SMA bisa jadi hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Selain menambah teman, ada sejuta manfaat yang bisa kita dapat. Seperti belajar kepemimpinan, berkomunikasi, manajemen, dan kedisiplinan.

Meski menjanjikan banyak manfaat, tak sedikit orang yang gagal berorganisasi. Tentu kamu nggak mau gagal juga dong? Penasaran gimana caranya? Pas deh kalo gitu, karena di bawah ini ada 5 tips yang bisa membuatmu sukses di organisasi.

1. Berani untuk mencoba sesuatu yang baru
Pernahkah kamu terjebak dalam comfort zone yang membuatmu melulu melakukan tugas yang sama? Kalau pernah ada baiknya kamu berani untuk mencoba hal baru. Mendapatkan tantangan dan sensasi baru bisa membuat kemampuanmu berkembang dan pengalamanmu bertambah. Nggak usah khawatir kalau gagal, karena teman-temanmu pasti siap membantumu kok. So, siap mencoba hal baru?

2. Jangan sampai menunda tugas apalagi mengalihkan tugas
Saat kamu diberi tugas oleh organisasimu, kerjakanlah dengan penuh tanggung jawab. Jangan lelet, menunda, tidak dikerjakan, apalagi dialihkan ke teman lain. Bisa-bisa selain kena marah, tingkat kepercayaan dari orang lain terhadap kamu menjadi turun.

Justru dengan kepercayaan yang diberikan, harus dimanfaatkan. Siapa tahu dengan kinerja yang baik kamu bisa ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi di organisasimu.

3. Buang jauh-jauh kebiasaan suka nggosip dan nyinyirin orang lain
Menggosip bahkan nyinyirin orang lain jelas bukan kebiasaan baik. Suka menggosip atau nyinyirin orang lain bisa membuat relasimu dengan orang lain jadi buruk. Dan jangan sampai kamu dimusuhi oleh teman-temanmu. Kalau sudah begini, biasanya mood untuk ikut kegiatan di organisasi pasti turun dan kamu nggak bisa berkembang deh. Jadi jangan suka menggosip ya!

4. Perbanyak interaksi di dalam maupun di luar organisasi
Organisasi memberikan ruang untuk berinteraksi dengan sesama anggota, bahkan di luar organisasi. Karena sifatnya resmi, pasti memungkinkan untuk menjalin relasi dengan sesama organisasi, sekolah, bahkan lembaga-lembaga tertentu. Kalau kamu berkesempatan mewakili organisasimu dalam forum tersebut, manfaatkan dengan baik. Karena kamu bisa mengenal orang-orang hebat di luar lingkunganmu, dan pastinya bisa belajar banyak dari mereka.

5. Jangan pernah merasa bahwa dirimu adalah orang yang paling hebat
Perilaku yang satu ini sering membuat orang lain kesal. Tanda-tanda orang yang merasa dirinya paling hebat bisa diketahui dari sikapnya yang keras kepala, sombong, susah diatur sampai gampang menyalahkan orang lain. Kamu jangan pernah merasa demikian, selain membuat orang lain kesal, perilaku yang satu ini malah bisa menjatuhkanmu. Nggak mau kan?

Nah, itu tadi tips-tipsnya supaya kamu bisa sukses beroganisasi. Kalau ada yang kurang jangan lupa tanbahkan di kolom komentar ya. Selamat mencoba!

Penulis : Yefta christopherus
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s