6 Tips Cerdas Mengelola Uang Beasiswa Agar Lebih Bermanfaat

Jika saat kuliah kamu berkesempatan mendapat beasiswa, kamu beruntung banget. Uang tersebut biasanya gak menuntut berlebihan terhadap penerimanya. Lembaga yang mengucurkan dana tersebut memang murni membantu anak bangsa agar bisa menikmati pendidikan dengan layak. Akan tetapi, jumlahnya juga tidak untuk memenuhi seluruh kebutuhanmu.

Itu sebabnya, kamu harus mengelolanya dengan baik. Dampaknya, kamu tetap bisa menggunakannya dalam jangka waktu panjang tanpa banyak menggunakan uang orangtua lagi. Lumayan banget untuk membantu meringankan beban mereka. Nah, setelah cukup untuk memenuhi kebutuhan kuliah dan bayar SPP, kamu bisa memanfaatkan untuk hal-hal baik lainnya.

Nah, bagaimana cara mengelola uang beasiswa secara tepat? Yuk, simak 6 tips berikut!

1. Buat pencatatan yang rapi
Nah, tips pertama mengelola keuangan adalah dengan membuat pencatatan. Dengan ini, jumlah uang yang masuk dan keluar akan terlihat jelas. Itu akan membantu kamu berhemat. Biasanya, uang tanpa pencatatan akan digunakan semaunya. Jadi, mulai sekarang, catat semua pemasukan dan pengeluaranmu ya.

2. Gunakan untuk membeli buku
Uang beasiswa akan lebih bermanfaat jika kamu gunakan sebagiannya untuk membeli buku. Sebab, ilmunya bisa kamu buka dan bawa kapan serta di mana saja.

3. Simpan uang receh sebagai tabungan jangka panjang
Nah, jika kamu kesulitan menabung, tips ini cukup berguna. Tabungkan semua uang receh setelah kamu berbelanja. Satu hal lagi, kamu harus berkomitmen untuk tidak mengambilnya hingga jangka waktu tertentu. Misalnya, 4 tahun yang merupakan masa normal kuliah selesai. Dana yang sudah terkumpul itu akan sangat berguna jika kamu membutuhkan untuk biaya wisuda atau lainnya.

4. Gunakan untuk kursus/asah softskill
Jangan lupa sisihkan uang tersebut untuk kamu mengasah softskill tertentu, misalnya menjahit, desain grafis, menggambar, melukis, belajar marketing dan sejenisnya. Tanpa softskill, kamu jadi gak punya nilai lebih di dunia kerja. Bahkan, softskill sangat berguna di saat kamu bermasalah di pekerjaan sebelumnya atau sudah pensiun.

5. Investasikan untuk emas, gadget atau barang kelontong
Jangan lupa investasi jika sudah menerima uangnya ya. Investasi bisa berupa emas, tabungan masa depan, gadget dan barang kelontong. Emas dan gadget bisa dijual kembali, tabungan masa depan bisa diambil dalam jangka waktu panjang dan barang kelontong sangat bermanfaat jika sudah berumah tangga.

6. Rutin bersedekah
Terakhir, jangan lupa berbagi! Di dalam rezeki kita ada hak orang lain. Itu sebabnya, kita harus bersedekah meski hanya sedikit.

Itulah 6 tips buat kamu agar bisa mengelola uang beasiswa sehingga bisa dirasakan hingga nanti. Jadi, selamat mencoba.

Penulis : Uswatun Niswi
Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s